HOME, Bugar

Inilah Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya

Inilah Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Kondisi kulit kering menjadi perhatian yang cukup serius. Selain dapat menurunkan kepercayaan diri, jika dibiarkan kulit kering akan mengalami iritasi parah dan cepat memunculkan tanda-tanda penuaan dini.

Selain itu, kulit kering akan terlihat kusam dan tidak cerah. Sebelum mengatasi permasalahan kulit kering, Anda harus tahu dulu apa saja penyebab kulit menjadi kering. Sehingga Anda dapat mengambil langkah yang tepat untuk mengatasi kulit kering.

Berikut beberapa penyebab kulit kering dan cara mengatasinya yang harus Anda tahu dilansir dari www.loreal-paris.co.id :

1. Genetik

Penyebab kulit wajah kering yang paling pertama adalah faktor genetik dari keluarga. Kondisi ini tak dapat diubah sehingga anda tetap akan mengalaminya. Namun, jika kulit wajah anda dirawat dengan rutin dan tepat, maka masalah tersebut bisa dicegah dan kulit tetap sehat. 

2. Dehidrasi

Ilustrasi kesehatan perempuan, dehidrasi, kulit

Agar anda tidak ingin mengalami dehidrasi kulit, cukupi kebutuhan cairan tubuh anda dengan cara meminum air putih. Sebab, salah satu kunci kulit yang lembap adalah hidrasi yang baik.

Kulit yang mengalami dehidras akan menjadi kering, tampak kusam, mudah meradang, dan wajah tampak menua. Cara terbaik yang bisa Anda lakukan yaitu mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, menghentikan kebiasaan buruk, minum air putih yang cukup, serta pola makan yang sehat menjadi solusi untuk kulit yang dehidrasi.

Baca Juga: Ketahui Segudang Manfaat Es Batu untuk Perawatan Kulit Wajah Anda

3. Skin Barrier yang Rusak

Selanjutnya penyebab kulit kering yaitu skin barrier di kulit wajah Anda rusak. Saat skin barrier rusak, kulit wajah Anda kehilangan kemampuannya untuk menjaga kelembapan kulit sehingga kandungan air di kulit dengan mudah menguap ke udara.

Selain itu, agresor lingkungan seperti sinar UV dari matahari, partikel polusi, dan radikal bebas akan dengan mudah memapar kulit wajah, membuat kulit iritasi, meradang, bahkan infeksi. 

Cara mengatasi masalah ini yaitu anda bisa menggunakan produk-produk skincare yang tepat. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa beberapa varian face oil dari tumbuhan dapat membantu memperbaiki skin barrier dan mencegah kulit wajah kehilangan kelembapannya.

Selain itu, penggunaan produk skin care dengan kandungan bahan-bahan yang sama dengan yang terdapat dalam skin barrier dapat membantu memperbaiki dan menguatkan skin barrier, seperti ceramide dan NMF (natural moisturizing factors).

4. Pertambahan Usia

Pertambahan usia dapat menjadi penyebab kulit kering. Sebab, kulit cenderung menjadi lebih kering karena berkurangnya produksi minyak. Apalagi bagi Anda yang memasuki usia 40 tahun ke atas dan mendekati menopause. 

Bagi perempuan, berkurangnya produksi minyak erat hubungannya dengan perubahan hormon yang terjadi menjelang menopause.

Proses ini berlangsung secara alami dan tidak dapat dicegah seperti faktor genetik, tetapi Anda dapat menunda dengan penggunaan produk-produk skin care khusus anti-aging.

Selanjutnya: Ini 4 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News