Bugar

Inilah Penyebab Kencing Berdarah yang Harus Diwaspadai

Inilah Penyebab Kencing Berdarah yang Harus Diwaspadai

MOMSMONEY.ID - Penyebab kencing berdarah perlu Anda ketahui dan waspadai agar bisa mengantisipasinya

Penyebab kencing berdarah bisa dipicu berbagai faktor. Beberapa pemicunya mulai dari kondisi yang tidak serius hingga penyakit yang berbahaya seperti kanker dan infeksi saluran kemih. 

Meski demikian, terkadang kencing berdarah bisa saja tidak terlihat secara kasat mata. Ketika darah di urine jumlahnya sedikit, darah tersebut baru dapat terdeteksi melalui analisis urine.

Melansir dari Health Focus, inilah beberapa penyebab kencing berdarah yang harus diwaspadai, antara lain: 

Baca Juga: Kenali Gejala Sakit Ginjal yang Harus Segera Ke Dokter

1. Pembesaran kelenjar prostat

Penyebab kencing berdarah yang pertama adalah pembesaran kelenjar prostat. Kelenjar prostat umumnya mulai membesar saat pria mencapai usia paruh baya.

Gejalanya berupa kesulitan berkemih, tidak puas seusai berkemih, keluarnya urine sedikit-sedikit, dan kencing mengandung darah baik mikroskopik mau pun gross.  

2. Penyakit ginjal

Penyebab kencing berdarah yang kedua adalah penyakit ginjal. Kondisi ini bisa terjadi ketika bakteri masuk ke ginjal melalui aliran darah atau melalui saluran kemih.

Gejalanya serupa dengan infeksi saluran kemih dan biasanya disertai rasa sakit di pinggang. Infeksi ini bisa muncul akibat diabetes atau infeksi virus dan bakteri dan masalah imunitas tubuh. 

3. Cedera pada ginjal

Penyebab kencing berdarah yang ketiga adalah ceera pada ginjal. Benturan atau cedera lain pada ginjal akibat kecelakaan dan olahraga kontak fisik bisa menyebabkan kencing berdarah.

Hal ini memang tidak bertahan lama dan bisa lekas pulih, namun untuk mengantisipasi hal lain, Anda perlu segera melakukan cek kepada dokter.  

Baca Juga: Kenali Gejala dan Penyebab Penyakit Batu Kandung Kemih

4. Penggunaan obat-obatan

Penyebab kencing berdarah yang selanjutnya adalah penggunaan obat-obatan. Obat-obat anti kanker dan antibiotik seperti penisilin bisa menjadi penyebab kencing berdarah.

Jika menggunakan obat antikoagulan juga terkadang nampak ada darah di urine, demikian juga saat menggunakan obat pengencer darah.   

5. Infeksi saluran kemih

Penyebab kencing berdarah yang terakhir adalah infeksi saluran kemih. Penyakit ini diakibatkan oleh bakteri yang masuk melalui uretra dan berkembang biak di kandung kemih.

Gejala bisa berupa sakit dan sensasi terbakar saat berkemih, serta nyeri pada perut bagian bawah. 

Itulah beberapa penyebab kencing berdarah yang harus diwaspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News