HOME, Bugar

Inilah Penyebab Gampang Sakit yang Perlu Anda Kenali

Inilah Penyebab Gampang Sakit yang Perlu Anda Kenali

MOMSMONEY.ID - Tubuh sering sakit-sakitan bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari lemahnya daya tahan tubuh atau seringnya terpapar kuman, virus, atau parasit.

Hal ini bisa disebabkan gaya hidup yang kurang sehat, lingkungan hidup yang tidak higienis, hingga gangguan kesehatan tertentu.

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami sakit, baik sakit kepala, sakit perut, demam, pilek, dan batuk. Kondisi ini sebenarnya wajar terjadi dan menandakan bahwa daya tahan tubuh sedang aktif bekerja untuk melawan infeksi.

Baca Juga: Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Dada pada Anak

Tetapi bila tubuh sering sakit-sakitan, berikut ini dilansir dari Health Focus, berikut ini beberapa faktor penyebabnya, yaitu:

1. Kurang tidur

Penyebab gampang sakit yang satu ini kerap diremehkan, padahal kurang tidur adalah salah satu kebiasaan buruk yang bisa memicu berbagai penyakit. 

Ketika tidur, tubuh akan melakukan berbagai pemulihan. Sistem kekebalan akan melepaskan sitokin yang membantu melawan peradangan dan penyakit.

Jika kurang tidur, maka kemampuan alami tubuh untuk melawan infeksi dan virus akan menurun. Kurang tidur dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti masalah kardiovaskular, obesitas, dan diabetes.

2. Pola makan kurang sehat

Daya tahan tubuh yang kuat bisa Anda miliki dengan banyak mengonsumsi makanan sehatyang kaya akan nutrisi, seperti antioksidan, protein, omega-3, serta vitamin dan mineral.

Contohnya adalah sayur dan buah-buahan, telur, ikan, kerang, kacang, yoghurt, dan biji-bijian, seperti gandum. 

3. Stres kronis

Tak hanya kondisi fisik, menurunnya kondisi mental juga bisa menjadi penyebab Anda gampang sakit.

Stres yang kronis atau berkepanjangan dapat memicu berbagai gangguan kesehatan mulai dari sakit kepala, kelelahan, infeksi berulang, penyakit jantung hingga depresi.

Tubuh yang menerima terlalu banyak stres juga akan mudah lelah, sulit tidur, dan mengalami gangguan pencernaan.

4. Kekurangan nutrisi

Asupan makanan bergizi seimbang menjadi faktor penting dalam menjaga kesehatan seseorang. Di dalam makanan terdapat berbagai nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh agar dapat terus berfungsi dengan baik, termasuk memperkuat imun tubuh.

Baca Juga: Inilah Makanan yang Membantu Meningkatkan Hemoglobin

5. Gangguan imun tubuh

Gangguan imun tubuh dapat terjadi saat sistem kekebalan tidak melawan antigen penyebab penyakit. Beberapa orang mungkin memiliki sistem kekebalan yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga menjadi lebih mudah sakit.

Kondisi ini bisa dikarenakan kondisi genetik, kekurangan gizi, atau bertambahnya usia.

Sakit-sakitan yang disebabkan oleh pola hidup tidak sehat dapat dicegah dan diatasi dengan menerapkan gaya hidup sehat, menjalani pola makan sehat dan seimbang, istirahat cukup, rutin berolahraga, tidak merokok, dan melengkapi imunisasi. 

Oleh sebab itu, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter guna menjalani pemeriksaan kesehatan yang menyeluruh dan mendapatkan pengobatan agar tubuh tidak mudah jatuh sakit di kemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News