Hemat

Inilah Merek Smartphone dengan Kecepatan Internet Paling Canggih

Sumber: Speedtest
Rabu, 21 Juli 2021 | 19:03 WIB
Inilah Merek Smartphone dengan Kecepatan Internet Paling Canggih

ILUSTRASI. YouTube and TikTok apps are seen on a smartphone in this illustration taken, July 13, 2021. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

MOMSMONEY.ID - Kecepatan internet memang menjadi fokus penting ketika menggunakan smartphone. Kestabilan dan kecepatan internet mempengaruhi kualitas visual dan berbagai fitur yang ada.

Dalam laman speedtest oleh Ookla, disebutkan bahwa kecepatan internet mobile di Indonesia menempati posisi 104 dunia pada fiscal quarter kedua.

Posisi tersebut naik 8 peringkat sejak fiskal quarter sebelumnya. Sementara itu, untuk fixed broadband Indonesia menempati peringkat 116 dunia. 

Kecepatan download mobile di Indonesia rata-rata adalah 22 Mbps. Sementara untuk fixed broadband, kecepatan rata-ratanya bisa sampai 26 Mbps. Lalu, perangkat smartphone apa saja yang bisa memaksimalkan kecepatan tersebut?

Baca Juga: Tips Cara Mencari Tweet yang Tertimbun

Merek Smartphone dengan Kemampuan Internet Tercepat 

Ookla Menghitung kinerja dari beberapa tipe smartphone pada merek-merek yang beredar di Indonesia. Penghitungan terakhir dilakukan pada Q2 atau sejak bulan April hingga Juni yang lalu. Hasilnya beberapa merek dengan produk smartphone berkecepatan internet terbaik adalah sebagai berikut.

Apple 

Produk smartphone merek Apple terhitung mampu mengunduh data dengan kecepatan sampai 30.06 Mbps, mengunggah hingga 14.23 Mbps, dan dan memiliki latensi sebesar 35 MS.

Samsung

Merek yang sedang gencar mengeluarkan tipe smartphone 5G ini rata-rata mampu mengunduh hingga 24 Mbps, mengunggah 12,80 Mbps, dan memiliki latensi sebesar 34 MS.

Xiaomi

Produk yang paling populer di Indonesia ini rata-rata perangkatnya mampu mengunduh data hingga 11,406 Mbps, mengunggah data hingga 11,20 Mbps, dan memiliki latensi sebesar 36 MS.

Baca Juga: Perkembangan Jaringan 1G hingga Jaringan 5G

OPPO 

Rata-rata smartphone produk OPPO mampu mengunduh data hingga 15,608 Mbps, mengunggah data hingga 12,57 Mbps, dan memiliki latensi sebesar 38 MS.

Vivo

Smartphone Vivo rata-rata mampu mengunduh data 15,5 Mbps, mengunggah 11,84 Mbps, dan memiliki latensi yang cukup besar yaitu 40 MS. 

Bagi yang belum tahu, latensi adalah waktu yang digunakan oleh data berpindah dari sumber data menuju titik terima data. Oleh karena itu, semakin sedikit latensi yang dimiliki jaringan, maka semakin baik. 

Smartphone dengan Kemampuan Internet Paling Cepat 

Data mengenai latensi dan kecepatan di atas merupakan data rata-rata dari setiap produk smartphone yang dikeluarkan masing-masing merek. Sementara itu, ada beberapa tipe produk dari masing-masing merek yang memiliki kemampuan paling baik.

Berikut ini adalah beberapa perangkat smartphone dengan kemampuan menjalankan internet paling kencang di Indonesia.

Iphone 12 Pro Max 5G

Perangkat ini mampu mengunduh hingga 43,73 Mbps, mengunggah 16,37 Mbps, dan memiliki latensi sebesar 32 MS. 

Mi 10t Pro 5G

Keluaran Xiaomi ini mampu mengunduh sampai dengan 38,809 Mbps, mengunggah 13,83 Mbps, dan memiliki latensi sebesar 33 MS.

iPhone 11 Pro Max

Baca Juga: Cek iPhone Anda, apakah sudah muncul update iOS 14.7?

Tanpa menggunakan jaringan 5G perangkat ini mampu mengunduh data hingga 36,29 Mbps, mengunggah 15,404 Mbps, dan memiliki latensi sebesar 34 MS.

Galaxy S10 Plus

Smartphone keluaran Samsung ini mampu mengunduh dengan kecepatan 34,50 Mbps, mengunggah 15,25 Mbps, dan memiliki latensi sebesar 29 MS.

iPhone Xs Max

Sekali lagi perangkat keluaran Apple menjadi yang tercepat diantara beberapa Smartphone lainnya. Tipe iPhone Xs Max ini mampu mengunduh data hingga 33,84 Mbps, mengunggah hingga 14,88 Mbps, dan memiliki latensi sebesar 34.

Itulah tadi daftar beberapa merek smartphone dan tipe smartphone dengan kemampuan menjalankan internet paling cepat. Data tersebut dibuat pada Q2 tahun ini. Periode selanjutnya mungkin bisa berubah, apa apalagi semakin banyak smartphone 5G yang dirilis. 

Selanjutnya: Daftar Harga dan Merk HP 5G di Indonesia

 

Editor: Amry Hidayat
Terbaru
momsmoney.id