CLOSE [X]
ads

Inilah Manfaat Mengonsumsi Obat Cetirizine

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 30 Desember 2021 | 12:24 WIB
Inilah Manfaat Mengonsumsi Obat Cetirizine

ILUSTRASI. Inilah Manfaat Mengonsumsi Obat Cetirizine


MOMSMONEY.ID - Cetirizine adalah obat untuk meredakan gejala atau keluhan akibat reaksi alergi, seperti gatal pada kulit, tenggorokan, hidung, bersin-bersin, atau biduran.

Obat ini bisa ditemukan dalam bentuk sediaan tablet, sirop, atau obat tetes oral (drops). Secara umum, cetirizine merupakan jenis obat yang aman dikonsumsi, dikutip dari Healthline.

Meski begitu, kamu tetap perlu waspada dan cermat membaca peringatan atau informasi lainnya sebelum mengonsumsi obat tersebut.

Saat mengalami kontak langsung dengan alergen atau zat yang memicu munculnya alergi, tubuh akan langsung merilis bahan kimia yang dikenal dengan nama histamin sebagai tindakan antisipasi.

Baca Juga: Cara Menurunkankan Demam Anak Secara Alami

Histamin akan mengakibatkan munculnya gejala alergi, seperti bersin atau ruam gatal. Cetirizine memiliki sifat antihistamin yang mampu memblokir efek dari histamin.

Beberapa reaksi alergi yang bisa ditangani dengan obat cetirizine, yaitu bersin, pilek, mata terasa gatal dan berair, juga tenggorokan dan hidung yang terasa gatal.

Reaksi tersebut bisa muncul setelah tubuh mengalami kontak langsung dengan alergen, seperti serbuk sari, jamur, tanaman, bahkan bulu dari hewan peliharaan. 

Cetirizine merupakan obat yang perlu dikonsumsi sesuai dengan resep dokter. Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsi cetirizine:

1. Jangan mengonsumsi cetirizine jika Anda alergi terhadap obat ini. Beri tahu dokter jika Anda alergi terhadap hydroxyzine atau levocetirizine.

2. Beri tahu dokter jika Anda pernah atau sedang menderita pembesaran prostat jinak, penyakit ginjal, penyakit liver, kesulitan buang air kecil, atau epilepsi.

3. Beri tahu dokter jika Anda mengonsumsi obat-obatan lain, termasuk suplemen atau produk herbal.

4. Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.

5. Jangan melakukan kegiatan yang membutuhkan kewaspadaan, seperti mengemudikan kendaraan setelah mengonsumsi cetirizine, karena obat ini dapat menyebabkan kantuk.

6. Jangan mengonsumsi minuman beralkohol setelah mengonsumsi cetirizine.

7. Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi obat, efek samping yang serius, atau overdosis setelah mengonsumsi cetirizine.

Baca Juga: Obat Sejuta Umat, Kenali Dosis dan Efek Samping Paracetamol

Perlu diketahui, dokter biasanya menganjurkan untuk menghentikan penggunaan cetirizine setelah kondisi Anda membaik. Meski demikian, jangan berhenti menggunakan cetirizine jika dokter tidak menganjurkannya.

Simpan cetirizine di tempat kering dan sejuk yang terhindar dari sinar matahari langsung. Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru