HOME, Bugar

Inilah Manfaat Kombucha untuk Kulit, Sudah Tahu?

Inilah Manfaat Kombucha untuk Kulit, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Banyak yang tidak tahu bahwa kombucha adalah teh yang difermentasikan menggunakan bakteri dan jamur. Melansir dari blog.avoskinbeauty.com, bakteri dan jamur ini biasanya disebut dengan Symbiotic Colony of Bacteria and Yeast.

Alasanya kombucha memiliki manfaat untuk kulit karena kandungan probiotik, lalu berbagai macam nutrisi seperti vitamin B2, B6, dan B12 serta antioksidan. Selain dimanfaatkan untuk mendetoks tubuh, kombucha mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan kulit.  Masih bersumber dari blog.avoskinbeauty.com, berikut penjelasannya, yaitu: 

1. Menyehatkan Kulit

Kombucha memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Penggunaan kombucha secara rutin membantu menjaga kondisi kulit dari alam. Teh kombucha ini juga memiliki banyak vitamin B seperti B1,B2, B6, dan B12. Vitamin tersebut penting untuk memelihara dan memproduksi sel-sel baru yang sehat. Penggunaan kombucha secara rutin dapat membantu kulit lebih sehat dan cerah. 

Baca Juga: Ketahui 4 Mitos Tentang Penggunaan Kondisioner untuk Rambut

2. Mengatasi Kulit Berjerawat dan Alergi

Manfaat kombucha untuk kulit yaitu dapat mengatasi kulit berjerawat dan alergi. Kandungan probiotik dalam teh kombucha dapat membantu melawan peradangan, kemerahan, dan jerawat. Kandungan ini dapat membantu mencegah bakteri berbahaya penyebab iritasi kulit.

Meskipun kombucha memiliki banyak manfaat dan tidak memiliki efek samping yang signifikan, sebaiknya Anda harus untuk mengaplikasikan kombucha mulai dari dosis kecil dan lihat apakah ada efek negatif ke kulit Anda. 

3. Sebagai Anti Aging

Manfaat kombucha untuk kulit selanjutnya adalah sebagai produk anti aging. Seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit akan menurun. Kombucha memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu memberi perlindungan pada kulit dan melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.

Mengandung antioksidan kuat yang disebut EGCG, diketahui 20 kali lebih baik dalam menyerang radikal bebas daripada vitamin C, dan bekerja lebih efektif dalam menyamarkan kerutan kulit dan tanda penuaan dini lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News