HOME, Bugar

Inilah Manfaat Buah Sirsak yang Baik untuk Ibu Hamil

Inilah Manfaat Buah Sirsak yang Baik untuk Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Buah sirsak merupakan salah satu makanan sehat yang perlu dikonsumsi ibu hamil. Berbagai nutrisi yang dikandungnya dapat memberikan sejumlah manfaat bagi ibu dan janin.

Memperhatikan makanan pada kehamilan adalah hal yang sebaiknya tidak Anda lewatkan. Salah satunya dengan memilih buah yang kaya nutrisi sehingga bermanfaat untuk Anda dan juga bayi dalam kandungan.

Baca Juga: Kenali 15 Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah Pada Wanita

Manfaat buah sirsak yang baik untuk ibu hamil dipercaya dapat meningkatkan sistem imun, menyehatkan pencernaan, hingga melawan bakteri. Kenali lebih jauh seputar berbagai manfaat sirsak berikut ini:

1. Mengatasi rasa mual

Mual atau morning sickness adalah kondisi yang umum terjadi pada ibu hamil di trimester pertama. Penyebabnya adalah ketidakseimbangan hormon, penciuman yang sensitif, hingga kurang nutrisi. 

Apabila memungkinkan, ibu bisa mengonsumsi sirsak untuk mengatasi rasa mual. Kandungan serat dalam buah sirsak bermanfaat untuk mengurangi produksi asam lambung pada ibu hamil. 

Lalu, ada pula kandungan seperti sodium juga kalium. Mengutip dari Mayo Clinic, kedua kandungan ini bermanfaat untuk menjaga asupan cairan yang hilang karena mual dan muntah bisa mengakibatkan dehidrasi. 

2. Melawan bakteri

Di dalam sebuah uji tabung yang dirilis dalam Journal of Clinical & Diagnostic Research, buah sirsak terbukti efektif membunuh berbagai macam bakteri, termasuk bakteri yang sering menyebabkan gingivitis, gigi berlubang, hingga infeksi jamur. 

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Kelapa Hijau untuk Ibu Hamil? ini Penjelasannya

3. Mencegah kram kehamilan

Buah sirsak mengandung kalium yang memiliki peran penting dalam kehamilan. Mineral ini dipercaya mencegah kram yang sering dirasakan ibu hamil.

Bisa jadi, kondisi kram tersebut disebabkan oleh rendahnya kadar kalium di dalam tubuh. 

4. Menurunkan kadar gula darah

Untuk mencegah diabetes gestasional atau tingginya kadar gula darah pada kehamilan, Anda bisa mengonsumsi buah sirsak.

Menurut sebuah penelitian hewan uji yang dirilis dalam African Journal of Traditional, Complementary and Alternative Medicines, buah sirsak dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Inilah beberapa manfaat buah sirsak yang baik untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News