Bugar

Inilah Manfaat Buah Nanas, Salah Satunya Bisa Memelihara Kesehatan Mulut

Inilah Manfaat Buah Nanas, Salah Satunya Bisa Memelihara Kesehatan Mulut

MOMSMONEY.ID - Nanas merupakan buah tropis yang berasal dari Amerika Selatan. Buah dengan daging berwarna kuning ini memiliki cita rasa asam dan manis yang segar.

Nanas mengandung nutrisi, antioksidan, dan senyawa lain, seperti enzim yang dapat melawan penyakit. Dengan berbagai kandungannya nanas memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. 

Di balik rasanya yang segar dan lezat, buah nanas menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari meningkatkan imunitas tubuh hingga menurunkan berat badan.

Manfaat buah nanas tersebut ada karena di dalam buah tropis ini terkandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.  

Baca Juga: 4 Penyakit yang Kerap Terjadi Saat Pergantian Musim Pancaroba

Selain itu, dilansir dari Mayo Clinic, berikut beberapa manfaat buah nanas yang baik untuk tubuh diantaranya seperti di bawah ini: 

Mengurangi risiko kanker 

Kanker merupakan penyakit kronis yang perkembangannya dikaitkan dengan stres oksidatif dan peradangan kronis.

Beberapa penelitian menunjukkan, nanas dan senyawanya dapat menurunkan risiko kanker karena antioksidannya dapat melawan stres oksidatif. 

Selain itu, studi tabung reaksi telah menunjukkan bahwa bromelain, yang juga ditemukan dalam nanas, mampu melawan kanker.

Mengatasi gangguan pencernaan

Buah nanas juga baik dikonsumsi untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti intoleransi makanan dan sembelit.

Ini berkat kandungan serat, antioksidan, serta zat bromelain yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan mencegah sembelit. 

Bahkan tak hanya itu, penelitian juga mengungkap bahwa bromelain pada nanas dapat membantu meringankan peradangan usus akibat penyakit kolitis ulseratif. 

Baca Juga: Moms Harus Tahu, Ini Dia 5 Fakta Unik Tentang Kehamilan Ini

Meningkatkan imunitas tubuh

Konsumsi 1 cangkir buah nanas segar atau sekitar 150 gram nanas sudah mampu mencukupi kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C merupakan vitamin yang penting untuk meningkatkan imunitas tubuh. 

Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh Anda akan lebih kuat melawan virus dan bakteri penyebab infeksi, sehingga Anda akan lebih fit dan tidak mudah jatuh sakit. 

Mengurangi peradangan

Kandungan bromelain dan antioksidan pada nanas bermanfaat mengurangi peradangan dan nyeri di dalam tubuh, misalnya pada penyakit sinusitis, radang tenggorokan, atau radang sendi.

Bromelain juga baik dikonsumsi untuk mengencerkan dahak dan mengurangi batuk. 

Memelihara kesehatan mulut

Sebagai salah satu buah dengan nutrisi vitamin C yang melimpah, buah nanas dapat memastikan kesehatan dan kekuatan gigi serta gusi.

Vitamin C juga membantu menangkal terciptanya plak dan mengurangi risiko penyakit sekitar gigi dan radang gusi. Sebab, nutrisi tersebut dapat membatasi aktivitas bakteri di mulut. 

Berikut manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh. Dengan begitu, kita bisa mengambil khasiat yang baik dari buah nanas dan dapat menghindari efek buruk yang dimiliki buah dengan rasa asam manis tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News