HOME, Bugar

Inilah Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Hipertensi

Inilah Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Hipertensi

MOMSMONEY.ID - Hipertensi adalah suatu keadaan di mana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah melebihi batas normal.

Hipertensi merupakan suatu keadaan tanpa adanya gejala, dimana tekanan darah yang tidak normal di dalam arteri menyebabkan meningkatnya risiko terhadap stroke, aneurisma atau pelebaran pembuluh darah, gagal jantung, serangan jantung, dan kerusakan ginjal, dilansir dari Mayo Clinic.

Melansir Cleveland Clinic, makanan asin dan manis, serta makanan tinggi lemak jenuh, dapat meningkatkan tekanan darah.

Baca Juga: Mengenal Ragam Manfaat Teh Rosella Buat Kesehatan Tubuh

Bagi penderita tekanan darah tinggi, makanan penyebab hipertensi di bawah ini wajib untuk dihindari.

1. Daging merah

Untuk penderita hipertensi, hindari mengonsumsi daging merah. Termasuk daging steak dan disiram saus yang mengandung banyak garam. Makanan penyebab hipertensi ini mengandung banyak lemak sangat tidak baik bagi jantung dan pembuluh darah.

2. Ikan asin

Sumber makanan yang satu ini termasuk makanan penyebab hipertensi. Kandungan garam yang tinggi memang membuat rasa gurih pada ikan.

Namun perlu diketahui bahwa kandungan tersebut merupakan salah satu pemicu datangnya beragam penyakit seperti hipertensi hingga serangan jantung.

3. Makanan kaleng

Untuk Anda pecinta makanan kaleng, rasanya alasan praktis perlu Anda pertimbangkan. Makanan kaleng memang mudah ditemukan dan lebih mudah diolah kembali, namun ternyata mengonsumsinya bisa berakibat buruk bagi penderita hipertensi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Minuman yang Ampuh Turunkan Darah Tinggi bagi Lansia

4. Minuman berkafein

Minuman berkafein dalam makanan dan minuman berpotensi menjadi penyebab atau pemicu darah tinggi. Kafein diketahui dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah sementara.

Melansir Healthline, kafein bisa menghambat pelepasan hormon adenosin, yaitu hormon yang bisa menjaga pembuluh darah tetap melebar.

5. Saos Tomat

Tomat merupakan bahan makanan yang sama sekali tak perlu dihindari oleh para penderita hipertensi. Namun, bentuk tomat olahan dalam kaleng justru berbahaya bagi kesehatan pembuluh darah dan jantung.  

Diskusikan dengan dokter spesialis terbaik tentang penyebab hipertensi dan makanan apa saja yang harus dihindari pengidap hipertensi atau darah tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News