CLOSE [X]
ads

Inilah Kandungan Gizi dalam Anggur yang Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan

Reporter: Helvana Yulian
Rabu, 24 November 2021 | 11:48 WIB
Inilah Kandungan Gizi dalam Anggur yang Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan

ILUSTRASI. Inilah Kandungan Gizi dalam Anggur yang Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan


MOMSMONEY.ID - Manfaat anggur didapat dari beragam kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Manfaat dari beragam nutrisi tersebut sangat sayang  untuk dilewatkan. 

Dalam satu buah anggur, terdapat beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti serat, mineral, vitamin C dan K, serta senyawa aktif yang berperan sebagai antioksidan, dilansir dari Health Focus. 

Buah anggur memiliki beragam jenis dan warna, yaitu merah, hitam, ungu, dan biru. Ada juga anggur hijau, merah muda dan kuning.

Namun anggur merah dan anggur biru (anggur concord) memiliki kandungan flavonoid dan resveratrol paling tinggi. 

Dirangkum dari Healthline dan Health Focus, berikut ini beberapa khasiat buah anggur untuk kesehatan yang tidak boleh dilewatkan.

 Baca Juga: Kenali Gejala Adenomiosis Agar Bisa Memberikan Penanganan yang Tepat

1. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat anggur lainnya yakni baik untuk kesehatan otak dan daya ingat. Penelitian menyebutkan, mengonsumsi suplemen anggur secara rutin dalam jumlah tertentu terbukti efektif meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan daya ingat, dan kemampuan berbahasa.

2. Mencegah neuropati diabetik dan retinopati diabetik

Neuropati diabetes dan retinopati diabetes adalah komplikasi yang bisa terjadi bila penyakit diabetes tidak terkendali. Misalnya, kadar gula darah yang terus-menerus tinggi dan tidak ditangani dengan benar.

Neuropati diabetik merupakan komplikasi diabetes yang berkaitan dengan fungsi saraf. Sedangkan retinopati diabetik adalah penyakit yang memengaruhi kemampuan penglihatan.

3. Membantu pengobatan jerawat

Salah satu manfaat buah anggur bagi kecantikan juga muncul berkat kandungan resveratrolnya. Sebuah penelitian menyatakan bahwa antibakteri resveratrol bisa membantu dalam mengobati jerawat saat dipadukan dengan benzoil peroksida sebagai obat oles. 

Baca Juga: 5 Penyebab Nyeri Tulang Kemaluan Wanita dan Cara Mengatasinya

4. Membantu proses pembekuan darah

Kandungan vitamin K dalam anggur diketahui sebagai faktor penting untuk membantu proses pembekuan darah. Kekurangan nutrisi ini akan meningkatkan risiko perdarahan yang lebih parah saat mengalami luka.

5. Menjaga kesehatan tulang

Anggur mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tulang, seperti kalsium, fosfor, magnesium, dan vitamin K. Namun, manfaat ini belum dilakukan penelitian lebih lanjut pada manusia.

Itulah beragam manfaat anggur yang bisa didapatkan. Selain mengonsumsi makanan sehat, menjaga kesehatan tubuh juga bisa dilakukan dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ke rumah sakit. 

Baca Juga: 5 Dampak Aborsi untuk Kesehatan Reproduksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru