HOME, Bugar

Inilah Gejala Kencing Batu yang Perlu Diwaspadai

Inilah Gejala Kencing Batu yang Perlu Diwaspadai

MOMSMONEY.ID - Gejala kencing batu penting untuk dikenali, agar penyakit ini dapat terdeteksi sedini mungkin.

Pasalnya, jika tidak segera terdeteksi dan ditangani, ukuran kencing batu bisa terus membesar dan menimbulkan komplikasi yang berbahaya, seperti perdarahan dan infeksi ginjal.

Kencing batu terbentuk saat limbah dalam darah menumpuk dan mengkristal di dalam ginjal, dilansir dari Mayo Clinic.

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Reproduksi Pria

Dirangkum dari Mayo Clinic dan Sleep Education, berikut ini adalah gejala kencing batu yang perlu Anda waspadai, antara lain:

1. Sering buang air kecil

Sering buang air kencing padahal Anda tidak sedang banyak minum bisa menjadi gejala kencing batu. Bahkan, keinginan untuk buang air kecil bisa menjadi tidak tertahankan.

Kondisi ini biasanya terjadi saat kencing batu mulai bergerak ke bawah saluran kencing.

2. Urine keruh atau berbau tidak sedap

Kencing batu bisa terjadi bersamaan dengan infeksi saluran kemih. Oleh karena itu, urine berwarna keruh atau berbau tidak sedap juga bisa menjadi gejala kencing batu.

Urine berwarna keruh bisa disebabkan oleh nanah atau tingginya kadar sel darah putih dalam urine. Sementara bau busuk pada urine bisa dipicu oleh bakteri atau urine yang pekat.

3. Demam dan meriang

Meski bisa menjadi tanda dari penyakit lain, demam dan meriang juga bisa menjadi gejala kencing batu. Demam dan meriang biasanya dialami saat kencing batu yang Anda derita sudah menyebabkan komplikasi serius.

Baca Juga: Waspada! Ini Penyebab Kanker Prostat yang Kerap Terjadi pada Pria Muda

4. Nyeri pada punggung, pinggang, atau perut

Munculnya rasa nyeri pada area pinggang, punggung, dan perut bisa menjadi gejala kencing batu. Rasa nyeri dapat muncul ketika batu bergerak di dalam ureter.

Adanya batu di ureter juga menyebabkan aliran urine dari ginjal menjadi terhambat, sehingga tekanan di ginjal menjadi tinggi.

5. Nyeri saat berkemih

Gejala kencing batu adalah nyeri saat berkemih. Kondisi ini dapat terjadi ketika batu ginjal sedang berada di ureter (saluran kemih dari ginjal ke kandung kemih), tepatnya di perbatasan sebelum masuk ke kandung kemih.

Meski demikian, nyeri saat berkemih tidak melulu berkaitan dengan kencing batu, bisa jadi infeksi saluran kemih juga bisa menjadi pemicunya.

6. Mual dan muntah

Saraf pada ginjal dan saluran pencernaan saling terkoneksi, sehingga saat Anda menderita kencing batu, rasa tidak nyaman pada perut mungkin untuk memicu mual dan muntah.

Mual dan muntah yang muncul juga menjadi bagian dari respons tubuh terhadap nyeri yang hebat.

Segera konsultasikan ke dokter jika Anda merasakan gejala kencing batu. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebabnya dan memberikan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News