HOME, Bugar

Inilah Cara Tepat untuk Mencegah Keputihan yang Mengganggu

Inilah Cara Tepat untuk Mencegah Keputihan yang Mengganggu

MOMSMONEY.ID - Keputihan adalah kondisi ketika lendir atau cairan yang keluar dari vagina dan jika berlebihan akan mengganggu dan membuat tidak nyaman. 

Keputihan merupakan cara alami tubuh untuk menjaga kebersihan dan kelembapan organ kewanitaan, dilansir dari Healthline.

Ketika seorang wanita mengalami keputihan, cairan yang diproduksi kelenjar vagina dan leher rahim akan keluar membawa sel mati dan bakteri, sehingga vagina tetap terlindung dari infeksi. 

Baca Juga: Waspada, Ini Tanda Keputihan Abnormal saat Hamil

Dilansir dari Women Health, inilah beberapa cara tepat untuk mencegah keputihan yang mengganggu, antara lain: 

1. Perhatikan bahan celana dalam

Cara tepat untuk mencegah keputihan yang mengganggu pertama adalah selalu memperhatikan bahan celana dalam yang digunakan. 

Usahakan selalu menggunakan celana dalam yang terbuat dari bahan yang lembut dan menyerap keringat. Contohnya, bahan katun. 

Bahan katun mudah mengalirkan udara, sehingga vagina tidak kepanasan, tidak lembap, dan cepat kering jika kondisinya lembap. 

2. Hindari pakaian dan celana ketat

Cara tepat untuk mencegah keputihan yang mengganggu kedua adalah menghindari pakaian dan celana ketat. 

Jangan sering-sering menggunakan pakaian yagn terlalu ketat, seperti, celana pendek, dan panjang, jins, stoking, hingga baju renang. Khususnya untuk jangka waktu yang lama. 

3. Menggunakan pembalut atau pantyliner

Cara tepat untuk mencegah keputihan yang mengganggu ketiga adalah menggunakan pembalut atau pantyliner. 

Anda bisa menggunakan pantyliner untuk menjaga kebersihan vagina, tapi jangan lupa untuk sering menggantinya dan tidak memakai satu pembalut dalam waktu yang lama. 

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Kemungkinan Penyebab Benjolan di Kepala

4. Pemeriksaan serviks rutin

Cara tepat untuk mencegah keputihan yang mengganggu keempat adalah pemeriksaan serviks rutin. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mendeteksi apakah terdapat perubahan abnormal pada leher rahim. 

5. Hentikan menggaruk-garuk vagina 

Cara tepat untuk mencegah keputihan yang mengganggu kelima adalah menghentikan menggaruk-garuk vagina. Hindari menggaruk-garuk vagina maupun selangkangan jika terasa gatal.

Kebiasaan ini bisa menimbulkan iritasi dan luka. Jika mengalami infeksi, keputihan tak normal pun bisa timbul. 

Inilah beberapa cara tepat untuk mencegah keputihan yang mengganggu yang bisa Anda lakukan.

Namun bila mengalami keputihan yang tidak normal, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar diagnosis dan penanganan yang tepat bisa dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News