HOME, Bugar

Inilah Cara Tepat untuk Mencegah Keputihan

Inilah Cara Tepat untuk Mencegah Keputihan

MOMSMONEY.ID - Keputihan adalah kondisi ketika lendir atau cairan keluar dari vagina. Keputihan merupakan cara alami tubuh untuk menjaga kebersihan dan kelembapan organ kewanitaan, dilansir dari Healthline.

Ketika seorang wanita mengalami keputihan, cairan yang diproduksi kelenjar vagina dan leher rahim akan keluar membawa sel mati dan bakteri, sehingga vagina tetap terlindung dari infeksi.

Pada dasarnya, vagina punya cara sendiri untuk menjaga kebersihannya, yaitu dengan memproduksi lendir guna membuang sel-sel mati dari dalam vagina dan mengalirkannya keluar vagina. 

Namun Anda sebaiknya memang memperhatikan bentuk lendir yang keluar dari vaginanya. Dengan ini, jenis cairan yang tak normal bisa segera diketahui.

Baca Juga: 5 Penyebab Nyeri Tulang Kemaluan Wanita dan Cara Mengatasinya

Bentuk cairan yang bisa dianggap tidak normal bisa berupa seperti berikut ini, dilansir dari CDC.

  • Jumlah lendir yang lebih banyak dari biasanya
  • Warna serta bau lendir yang berubah, misalnya bau amis
  • Gatal-gatal, iritasi, perih, atau panas seperti terbakar di area kelamin
  • Lendir yang mengandung darah, padahal tidak sedang haid

Beberapa hal ini bisa Anda lakukan untuk membantu mencegah keputihan yang Anda alami.

1. Perhatikan bahan celana dalam

Usahakan selalu menggunakan celana dalam yang terbuat dari bahan yang lembut dan menyerap keringat. Contohnya, bahan katun.

Bahan katun mudah mengalirkan udara, sehingga vagina tidak kepanasan, tidak lembap, dan cepat kering jika kondisinya lembap.

2. Hindari pakaian dan celana ketat

Jangan sering-sering menggunakan pakaian yagn terlalu ketat, termasuk celana dalam, celana pendek, dan panjang, jins, stoking, hingga baju renang. Khususnya untuk jangka waktu yang lama.

3. Menggunakan pembalut atau pantyliner

Anda bisa menggunakan pantyliner atau pembalut yang tipis untuk menjaga kebersihan vagina, tapi jangan lupa untuk sering-sering mengganti pembalut tersebut dan tidak memakai satu pembalut dalam waktu yang lama.

Baca Juga: Keputihan Berlebihan, Bisa Jadi Karena Gangguan Reproduksi Serius

4. Pemeriksaan serviks rutin

Pemeriksaan ini bertujuan untuk mendeteksi apakah terdapat perubahan abnormal pada leher rahim dan jika ada dapat dideteksi dari awal. Hal ini juga dapat mendeteksi kanker leher rahim pada wanita,

5. Hentikan menggaruk-garuk vagina 

Hindari menggaruk-garuk vagina maupun selangkangan jika terasa gatal. Kebiasaan ini bisa menimbulkan iritasi dan luka. Jika mengalami infeksi, keputihan tak normal pun bisa timbul.

Dengan menerapkan cara-cara mencegah keputihan tersebut, Anda niscaya akan terbebas dari lendir vagina yang mengganggu.

Namun bila mengalami keputihan yang tidak normal, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar diagnosis dan penanganan yang tepat bisa dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News