HOME, Bugar

Inilah Cara Pencegahan Kanker Serviks Sejak Dini

Inilah Cara Pencegahan Kanker Serviks Sejak Dini

MOMSMONEY.ID - Kanker serviks menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi wanita. Hal ini karena kanker serviks menjadi penyakit yang dapat menyebabkan kematian pada pengidapnya.

Tidak hanya itu, penyakit kanker serviks tidak akan menunjukkan gejala apapun di awal pertumbuhan sel kanker. Gejala akan muncul setelah sel kanker sudah tumbuh dan menyebar, hingga organ maupun bagian tubuh yang lain.

Baca Juga: Inilah Cara Tepat untuk Mencegah Keputihan

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), kanker serviks adalah kanker keempat yang paling sering dialami oleh kaum perempuan. Itu sebabnya, pencegahan kanker serviks perlu diketahui setiap wanita.

Berikut adalah berbagai cara untuk mencegah kanker serviks yang perlu Anda ketahui. 

1. Pemeriksaan berkala

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat membantu Anda untuk mencegah kanker serviks.

Melansir Centers for Disease Control and Prevention, ada dua jenis pemeriksaan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit ini, yaitu pap smear dan juga pemeriksaan HPV. 

Tes pap smear dilakukan untuk mendeteksi adanya perubahan pada sel serviks yang menjadi tanda awal dari kanker serviks. 

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Berikut Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan

2. Hindari kebiasaan merokok

Anda dapat mencegah dan menurunkan risiko kanker serviks dengan menghindari kebiasaan merokok.

Melansir dari National Health Service UK, wanita yang memiliki kebiasaan merokok akan lebih rentan mengalami kanker serviks dibandingkan mereka yang tidak merokok.

3. Jalani gaya hidup sehat

Selain mendapatkan vaksin dan rutin melakukan pemeriksaan, sebaiknya jalani gaya hidup sehat dengan perbanyak olahraga dan atur pola makan seimbang dengan penuhi kebutuhan nutrisi serta gizi.

Menjalani gaya hidup sehat secara teratur dapat menurunkan risiko kanker serviks. Dengan melakukan berbagai upaya pencegahan kanker serviks yang telah disebutkan di atas, risiko Anda untuk tertular juga semakin rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News