HOME, Bugar

Inilah Cara Mengatasi Bekas Gigitan Serangga dengan Mudah

Inilah Cara Mengatasi Bekas Gigitan Serangga dengan Mudah

MOMSMONEY.ID - Gigitan serangga membuat Anda merasa sangat tidak nyaman, rasanya ingin menggaruk kulit terus menerus. Selain memicu gatal dan perih saat menggaruk, kebiasaan buruk ini pun bisa meninggalkan bekas kehitaman.

Sehingga, membuat Anda tidak percaya diri dengan kondisi kulit. Ada beberapa cara mudah mengatasi bekas gigitan serangga yang bisa Anda lakukan. Melansir dari natur-e.co.id, berikut penjelasannya untuk Anda: 

1. Hindari Menggaruk Kulit Saat Gatal

Cara mengatasi bekas gigitan serangga yaitu hindari menggaruk kulit saat gatal. Gigitan nyamuk akan memunculkan bentol dan gatal pada kulit Anda. Ternyata, ini terjadi akibat ulah nyamuk betina yang menyuntikkan air liur ke kulit sebelum menghisap darah.

Sebagai reaksi alami dari sistem kekebalan tubuh, rasa gatal yang muncul tiba-tiba ini seringkali membuatmu ingin terus menggaruk kulit. Tapi insting ini sebaiknya harus dihentikan, karena bisa bikin kulit terluka dan meninggalkan bekas yang sulit hilang.

2. Hindari Terlalu Banyak Aktivitas di Luar Rumah

Cara mengatasi bekas gigitan serangga selanjutnya adalah hindari aktivitas di luar rumah. Berkebun, camping hingga bersantai di taman kota seringkali membuat Anda pulang dengan kulit dihiasi bentol dan bekas gigitan serangga.

Sebelum beraktivitas di luar ruangan, terutama yang mengundang serangga, berikan perlindungan pada kulit dengan menggunakan pakaian tertutup, mengoleskan losion anti nyamuk hingga membatasi waktu di luar rumah.

Baca Juga: Ketahui Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Bahan Utama Jahe

3.  Redakan Gatal dengan Bahan Rumahan

Setelah mengalami gigitan serangga, redakan gatal dengan bahan rumahan. Seperti yang dijelaskan sebaiknya hindari menggaruk kulit karena efeknya bisa semakin parah seperti memicu luka, infeksi dan bekas kehitaman. Jika merasa tidak tahan untuk menggaruknya, coba gunakan beberapa bahan alami yang ada di rumah.

Contohnya, menempelkan bungkusan sapu tangan atau handuk kecil berisi es batu untuk membantu mengurangi rasa gatal. Selain itu, efek dingin dan menenangkan dari aloe vera serta senyawa penyembuh luka pada madu dipercaya dapat mengurangi ketidaknyamanan akibat gigitan serangga serta meminimalkan risiko munculnya bentol kemerahan.

4. Mengaplikasikan Pelembab untuk Merawat Kulit Sensitif

Cara mengatasi bekas gigitan serangga lainnya yaitu mengaplikasikan pelembab untuk merawat kulit sensitif. Gigitan serangga tak bisa dianggap remeh karena dapat memicu berbagai masalah kulit seperti kemerahan, gatal, hingga rentan terjadi iritasi. Oleh karena itu, perlunya menjaga kebersihan kulit dan pakai pelembab yang dapat mempercepat proses penyembuhan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News