CLOSE [X]
ads

Inilah Cara Memilih Toner Sesuai dengan Jenis Kulit, Sudah Tahu?

Reporter: Rizka Noveliana
Rabu, 26 Januari 2022 | 21:12 WIB
Inilah Cara Memilih Toner Sesuai dengan Jenis Kulit, Sudah Tahu?


MOMSMONEY.ID - Memilih toner yang tepat untuk kulit memang tidak sulit. Agar toner dapat bekerja dengan baik, pilihlah toner yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Toner adalah salah satu produk skincare yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Toner dapat membersihkan wajah secara menyeluruh dan menutrisi kulit.

Kini, telah banyak produk toner yang dikhususkan untuk jenis kulit tertentu. Melansir dari cnfstore.com, inilah cara memilih toner sesuai dengan jenis kulit, yaitu: 

1. Kulit Berminyak

Cara memilih toner untuk kulit berminyak yaitu pilihlah toner yang bisa mengontrol dan mengurangi kadar sebum. Kulit berminyak disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan. Kandungan toner seperti vitamin A atau retinol telah terbukti efektif menekan produksi sebum dan mengurangi munculnya sifat berminyak.

Sebagai bahan alternatif, tea tree oil adalah bahan alami yang digunakan dalam toner untuk membantu mengontrol minyak berlebih. Hindari penggunaan toner dengan bahan komedogenik, seperti mineral oil yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan pembentukan komedo.

2. Kulit Kering

Selanjutnya, cara memilih toner untuk kering adalah gunakan hydrating toner yang mengandung hyaluronic acid. Hyaluronic acid bertindak sebagai magnet kelembapan serta membuat kulit terasa terhidrasi dan montok. Jangan gunakan exfoliating toner yang cenderung memperburuk gejala kulit kering.

Anda perlu memahami bahwa kulit kering bisa ditandai dengan bercak kasar atau bersisik di wajah. Kulit kering dapat terjadi secara alami, atau akibat dari reaksi dari bahan-bahan produk perawatan kulit.

Baca Juga: Pahami 5 Jenis Sabun Mandi yang Bisa Anda Coba, Sudah Tahu?

3. Kulit Sensitif 

Kulit sensitif perlu untuk berhati-hati saat memilih produk skincare, seperti toner. Jika Anda rentan terhadap sensitivitas kulit dan mengalami iritasi serta kekeringan setelah menggunakan produk skincare, mungkin sulit untuk menentukan bahan mana yang terbaik untuk digunakan.

Sebaiknya, pilihlah toner hypoallergenic yang menenangkan dan menghidrasi kulit. Misalnya bahan-bahan seperti air mawar dan chamomile yang membantu menenangkan gejala kulit sensitif, termasuk kemerahan dan iritasi.

Hindari toner berbahan dasar alkohol dan sabun yang dapat mengiritasi dan mengeringkan kulit. Serta hindari toner dengan bahan pengelupasan seperti asam glikolat, karena dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi lebih lanjut.

4. Kulit Berjerawat

Cara memilih toner untuk kulit berjerawat yaitu gunakan toner dengan sifat anti-inflamasi. Bahan aloe vera dan niacinamide adalah bahan yang dapat menenangkan kulit, sekaligus memberikan penyembuhan pada kulit.

Aloe Vera bekerja dengan bertindak sebagai anti-inflamasi pada kulit, sehingga efektif dalam mengurangi munculnya jerawat. Sedangkan bahan niacinamide untuk mengurangi munculnya pori-pori, mengontrol produksi sebum, dan antibakteri.

Exfoliating toner cocok untuk kulit berjerawat. Namun, penggunaan berlebihan dapat menyebabkan iritasi hingga produksi minyak wajah meningkat. Anda perlu memberikan jeda untuk kulit berjerawat melakukan eksfoliasi ya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru