HOME, Bugar

Inilah Cara Memilih Sabun Mandi yang Tepat Sesuai Jenis Kulit Anda!

Inilah Cara Memilih Sabun Mandi yang Tepat Sesuai Jenis Kulit Anda!

MOMSMONEY.ID - Saat menentukan sabun mandi, Anda juga perlu menyesuaikan dengan jenis kulit tubuh yang dimiliki. Hal ini supaya sabun mandi yang digunakan tidak memberikan dampak buruk terhadap kulit.

Setiap jenis kulit tentunya memiliki kebutuhan nutrisi masing-masing. Agar tidak keliru, berikut cara memilih sabun mandi yang tepat sesuai dengan jenis kulit dilansir dari blog.avoskinbeauty.com, yaitu: 

1. Kulit Normal

Pada kulit normal, sebenarnya tidak ada masalah dalam memilih produk sabun mandi dengan jenis apapun. Mulai dari sabun batang, shower gel, hingga body wash bisa Anda jadikan pilihan sabun mandi harian Anda. Sebaiknya piihlah produk sabun mandi yg melembapkan kulit. 

2. Kulit Sensitif

Selanjutnya, pada kulit sensitif hindari sabun yang mengandung terlalu banyak pewani karena bahan ini dapat menyebabkan alergi. Salah satu pilihan yang tepat untuk jenis kulit sensitif adalah sabun bayi.

Jika Anda ingin menggunakan sabun cair, sabun yang mengandung vitamin E dan sedikit deterjen bisa dicoba. Hal ini dikarenakan kulit sensitif mudah terkena iritasi, gatal dan bersisik bahkan muncul kemerahan jika terkena produk yang tidak sesuai dengan kulit.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Daki Menghitam di Leher Secara Alami

3. Kulit Berminyak

Ternyata kulit tubuh juga bisa berminyak, hal ini ditandai dengan kulit yang kenyal dan lembap. Akan tetapi, jenis kulit berminyak ini jadi tempat yang baik bagi bakteri untuk berkembang.

Oleh karena itu, sabun anti bakteri bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda. Sabun yang mengandung lavender atau chamomile juga baik untuk mengontrol kadar minyak pada kulit.

4. Kulit Kering

Berikutnya, cara memilih sabun mandi yang tepat untuk kulit kering yaitu pilihlah shower cream yang memiliki label moisturizing atau melembapkan. Contoh kandungan sabun mandi yang bisa Anda pakai yaitu shea butter atau susu.

Hal ini karena kulit kering mudah mengalami gatal, bersisik dan terlihat kusam. Pemilik jenis kulit seperti ini, sebaiknya hindari sabun yang memiliki terlalu banyak deterjen dan sabun anti bakteri karena membuat kulit semakin kering. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News