Bugar

Inilah Cara Layering Kandungan Skincare untuk Kulit Kering dan Kulit Anti-Aging

Inilah Cara Layering Kandungan Skincare untuk Kulit Kering dan Kulit Anti-Aging

MOMSMONEY.ID - Layering skincare cukup populer dikalangan beauty enthusiast. Khusus permasalahan kulit kering dan kulit anti-aging, Anda perlu tahu cara layering kandungan skincare yang benar. 

Salah satu manfaat layering skincare adalah dapat melembapkan kulit secara ekstra dari kandungan skincare yang digunakan. Bagi sebagian orang, layering skincare ampuh untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit.

Namun, jangan asal coba layering skincare. Berikut cara layering kandungan skincare untuk kulit kering dan anti aging dilansir dari blog.avoskinbeauty.com:

Baca Juga: Pahami Cara Layering Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat dan Berminyak

1. Kulit kering

Bagi pemilik kulit kering, tentunya cara merawat kulit harus fokus pada kelembapan extra. Oleh karena itu, Anda bisa layering kandungan skincare yang punya manfaat melembapkan, di antaranya meliputi:

  • Hyaluronic Acid: melembapkan kulit
  • Sodium Hyaluronate: melembapkan kulit
  • Niacinamide: melembapkan dan mencerahkan kulit
  • Ceramide: melembapkan kulit dan memperbaiki skin barrier
  • Glycerin: melembapkan kulit
  • Vitamin E: melembapkan kulit
  • Kandungan alami seperti: madu, ekstrak semangka, ekstrak mawar

Anda bisa me-layer hydrating toner berkandungan hyaluronic acid dengan serum berkandungan niacinamide, serta dengan pelembap berkandungan ceramide.

Namun perlu diingat, ada juga bahan yang harus dihindari jika Anda memiliki kulit kering. seperti salicylic acid, benzoyl peroxide, retinoid yang dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan iritasi.

Secara keseluruhan, layering produk yang tepat dapat membantu meningkatkan efektivitas perawatan kulit kering dan membantu meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Baca Juga: Pahami Cara Layering Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat dan Berminyak

2. Kulit aging

Perawatan kulit yang mengandung kandungan anti-aging dapat membantu dalam menjaga kulit tetap tampak muda dan segar. Beberapa produk skincare yang mengandung kandungan tersebut di antaranya:

  • Retinol: merupakan derivat dari vitamin A yang efektif dalam mengurangi kerutan, meningkatkan kolagen, dan memperbaiki tekstur kulit. Biasanya dalam konsentrasi 0,25% – 1%.
  • Bakuchiol: sebuah alternatif retinol yang dianggap lebih gentle dan tidak menyebabkan iritasi, namun memberikan hasil yang sama dalam mengurangi kerutan dan meningkatkan kolagen.
  • Vitamin C : kandungan antioksidan yang sangat baik untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan mencegah timbulnya kerutan. Biasanya dalam konsentrasi 10% – 20%.
  • Ceramide: melembapkan kulit dan memperkuat barrier kulit.
  • Hyaluronic acid: menjaga kelembapan kulit agar kulit tetap terlihat segar dan tidak cepat menua.

Seperti yang telah disebutkan, retinol dapat menyebabkan iritasi pada kulit jika digunakan dalam jumlah yang besar atau digabungkan dengan produk lain yang mengandung bahan kimia yang keras.

Sehingga, sangat penting untuk memulai dengan dosis yang rendah dan meningkatkan dosis secara bertahap.

Cobalah untuk tidak menggabungkan retinol dengan AHA/BHA/PHA dan Vitamin C pada waktu yang sama. Selain itu, selalu aplikasikan sunscreen sebagai bagian dari rutinitas anti-aging.

Nah, itulah cara layering kandungan skincare untuk kulit kering dan sensitif. Pastikan produk yang digunakan cocok dengan kondisi kulit Anda, ya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News