Inilah Cara Keramas Rambut Sesuai dengan Jenis dan Kondisi Rambut, Cobain Yuk!

Sumber: Dove
Sabtu, 27 November 2021 | 06:30 WIB
Inilah Cara Keramas Rambut Sesuai dengan Jenis dan Kondisi Rambut, Cobain Yuk!

MOMSMONEY.ID - Keramas rambut tidak boleh asal-asalan karena ternyata setiap jenis dan kondisi rambut memiliki cara tersendiri saat dikeramas. Oleh karen itu, agar Anda tidak melakukan kesalahan saat keramas rambut. Ada beberapa cara keramas rambut yang tepat sesuai dengan jenis dan kondisi rambut Anda dilansir dari dove.com, yaitu: 

1. Rambut Lurus

Rambur lurus

Lebih cepat lepek karena minyak dari kulit kepala mampu melapisi batang rambut dari pangkal ke ujung rambut. Caranya keramas yang tepat untuk rambut lurus yaitu pilih sampo yang mengandung bahan ringan dan mampu membuat rambut mengembang. Kemudian, untuk mendapatka rambut bervolume, keringkan rambut dengan blow dryer.

2. Rambut Bergelombang

Umumnya tekstur rambut ini lebih tebal dibandingkan rambut lurus. Cara keramas yang tepat untuk rambut bergelombang  adalah pilih sampo yang mengandung banyak pelembab untuk mencegah kusut dan kaku. Selanjutnya, keringkan rambut secara natural hingga setengah kering sebelum menggunakan hair dryer. 

3. Rambut Keriting

Jenis rambut ini terlihat lurus saat basah, lalu kembali keriting ketika kering dan sensitif terhadap kerusakan. Cara keramas yang tepat untuk rambut keriting yaitu gunakan kondisioner lebih banyak pada bagian ujung rambut yang keriting. Sebelum keramas, oleskan masker rambut yang dapat melembapkan rambut keriting.

Kemudian, pijatan lembut saat keramas membantu melancarkan sirkulasi dan penyerapan nutrisi sampo. Keringkan dengan menepuk-nepuk rambut dengan lembut agar pola keriting terjaga. Selanjutnya, hindari menggunakan hari dryer untuk mencegah rambut makin keriting. 

Baca Juga: Hindari Kesalahan Ini untuk Selalu Merawat Wajah & Tubuh

4. Rambut Berminyak

Rambut

Bagian kulit kepala memiliki tumpukan sebelum dan berpotensi masalag kulit kepala gatal dan ketombe. Cara keramas yang tepat untuk rambut berminyak adalah pertama saat keramas, fokus di bagian akar rambut dan kulit kepala karena inlah bagian yang paling berminyak.

Lalu, gunakan sedikit kondisioner hanya di bagian ujung rambut. Hindari menggosok atau menggaruk kulit kepala saat keramas untuk menghidari iritasi. Jika rambut terasa gatal, pijat lembut dengan telapak tangan. 

5. Rambut Lebat dan Kaku 

Rambut ini memiliki helai banyak dan tekstur rambut tebal sehingga membutuhkan pelembap ekstra untuk menghindrasi setiap helainya.

Cara keramas yang tepat untuk rambut lebat dan kaku yaitu setelah keramas, keringkan rambut secara natural sebelum menggunaka hair dryer. Selanjutnya, oleskan hair oil saat rambut dalam kondisi lembap agar mudah diatur.

6. Rambut Tipis 

Rambut tipis terlihat kempis, kurang bervolume, helaian sangat tipis dan halus sehingga rentan rapuh. Cara keramas yang tepat untuk rambut tipis adalah gosok lembut bagian akar rambut dan kulit kepala saat keramas.

Hindari terlalu banyak menggosok bagian bawah rambut. Kemudian, seminggu sekali bersihkan rambut dengan larutan cuka apel dan air untuk menyeimbangkan pH area kulit kepala. 

Selanjutnya: Harga Emas di Pegadaian Mulai Bergerak Naik, Sabtu (27/11)

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru