HOME, Bugar

Inilah Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Inilah Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

MOMSMONEY.ID - Saat berpuasa di bulan Ramadan, Anda mungkin saja mengalami berbagai masalah pada mulut. Mulai dari bibir pecah-pecah hingga bau mulut. 

Saat tubuh tidak mendapatkan asupan cairan, maka mulut menjadi kering dan bau mulut. Tidak heran jika bau mulut jadi salah satu masalah kesehatan mulut dan gigi saat puasa.

Pasalnya, tak makan dan minum selama berjam-jam bisa menyebabkan kondisi yang disebut halitosis. Maka, Anda membutuhkan cara untuk mengatasi bau mulut saat berpuasa. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buah untuk Berbuka Puasa yang Kaya Nutrisi

Dilansir dari Women Health, berikut ini adalah beberapa cara ampuh mengatasi mengatasi bau mulut saat berpuasa, antara lain: 

1. Cukup asupan air putih

Cara ampuh mengatasi mengatasi bau mulut saat berpuasa yang pertama adalah cukup asupan air putih. Pastikan Anda cukup minum air putih dalam seharinya yaitu 1,5-2,5 liter atau 8 gelas. 

Dengan cara tersebut, Anda tetap bisa menjaga kondisi mulut supaya tidak kering, yang bisa menyebabkan kuman penyebab bau mulut mudah untuk berkembangbiak.

Selain itu, air putih juga membantu membersihkan sisa – sisa makanan berbuka dan sahur yang menempel pada sela-sela gigi.

2. Hindari makanan yang menyebabkan bau mulut

Cara ampuh mengatasi mengatasi bau mulut saat berpuasa yang kedua adalah menghindari mengonsumsi makanan yang menyebabkan bau mulut. 

Misalnya dengan menghindari bahan-bahan seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai. Hindari juga makanan seperti petai, jengkol, dan gorengan.

Bahan kimia yang terkandung di dalamnya dapat memasuki aliran darah, pindah ke paru-paru, kemudian dihembuskan melalui hidung atau mulut.

3. Manfaatkan cuka apel atau soda kue

Cara ampuh mengatasi mengatasi bau mulut saat berpuasa yang ketiga adalah memanfaatkan cuka apel atau soda kue. Jangan khawatir kalau Anda sedang kehabisan obat kumur. 

Coba untuk manfaatkan cuka apel atau soda kue sebagai cara menghilangkan bau mulut saat puasa. Anda bisa melarutkan salah satunya, agar bisa dijadikan obat kumur alami.

Baca Juga: 6 Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung di Bulan Puasa

4. Menjaga kebersihan gigi dan mulut

Cara ampuh mengatasi mengatasi bau mulut saat berpuasa yang keempat adalah selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut. 

Selain rajin menggosok gigi minimal dua kali sehari, Anda juga perlu menyikat lidah dan melakukan flossing agar kuman penyebab bau mulut dan plak tidak berkembang biak di dalam mulut. 

5. Rutin membersihkan lidah

Cara ampuh mengatasi mengatasi bau mulut saat berpuasa yang terakhir adalah rutin membersihkan lidah. Lidah Anda juga bisa jadi sarang bakteri sehingga muncul bau mulut. 

Tidak hanya menjaga kebersihan lidah, ini juga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau mulut saat puasa.

Itulah beberapa cara ampuh mengatasi bau mulut saat berpuasa yang bisa Anda lakukan beserta penyebab yang harus dihindari. 

Jika sudah melakukan berbagai cara tetapi bau mulut tidak kunjung membaik, disarankan untuk memeriksakan diri di rumah sakit terdekat untuk mengetahui penyebab yang mendasari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News