Inilah Beberapa Gangguan Kesehatan yang Perlu Perawatan di Ruang ICU

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 26 November 2021 | 11:41 WIB
Inilah Beberapa Gangguan Kesehatan yang Perlu Perawatan di Ruang ICU

ILUSTRASI. Inilah Beberapa Gangguan Kesehatan yang Perlu Perawatan di Ruang ICU

MOMSMONEY.ID - Ruang ICU atau Intensive Care Unit adalah ruangan khusus yang disediakan rumah sakit untuk merawat pasien dengan keadaan yang membutuhkan pengawasan ketat.

Untuk membantu memulihkan kondisi pasien, ruang ICU dilengkapi dengan peralatan medis khusus.

Satu penelitian menunjukkan bahwa lebih dari separuh pasien yang dirawat di ICU memiliki risiko kematian yang sangat rendah selama mereka tinggal di rumah sakit.

Sebab ICU dibuat untuk menjaga kesejahteraan pasien yang membutuhkan ventilator, dukungan tekanan darah dan pengobatan, perawatan mutakhir, dan pemantauan ketat oleh dokter dan staf kesehatan lainnya, dilansir dari Medical News Today.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Perempuan

Ada banyak kondisi dan situasi berbeda yang membuat seseorang perlu dirawat di ICU. Dilansir dari Health Focus, berikut ini beberapa kondisi medis yang memerlukan perawatan intensif.

1. Syok

Kondisi serius jangka pendek, seperti syok, juga memerlukan perawatan intensif. Syok adalah melambatnya aliran darah ke organ vital (otak, paru-paru, jantung, ginjal, dan lain-lain).

Kondisi ini terjadi ketika tekanan dan aliran darah tidak cukup kuat untuk mensuplai darah ke organ vital.

2. Aneurisma otak pecah

Aneurisma adalah pelebaran (penggembungan) dan melemahnya dinding pembuluh darah. Ketika aneurisma di otak pecah, itu menyebabkan pendarahan ke otak yang dikenal sebagai perdarahan subarachnoid.

3. Perawatan intensif pasca operasi

Beberapa pasien mungkin memerlukan pemantauan di ruang ICU setelah operasi. Hal ini kadang-kadang sudah direncanakan, seperti setelah operasi vaskuler atau jantung besar.

Pada kasus lain, perawatan intensif tidak direncanakan sebelumnya, tetapi diperlukan ketika terjadi masalah selama operasi.

Baca Juga: Kenali Berbagai Jenis Penyakit Kista yang Terjadi pada Laki-Laki

4. Gagal jantung

Ada berbagai keadaan darurat yang berhubungan dengan jantung yang bisa menyebabkan seseorang masuk ke ICU. Masalah jantung yang paling umum yang menyebabkan masuk ICU adalah gagal jantung.

5. Kegagalan pernapasan (paru-paru)

Paru-paru adalah organ vital yang berfungsi untuk membawa oksigen ke dalam aliran darah dan mengeluarkan karbon dioksida. Ketika fungsi dasar ini terganggu, situasi yang mengancam jiwa bisa terjadi.

Itulah beberapa kondisi yang memerlukan perawatan di ruang ICU. Bila sakit yang Anda alami sifatnya ringan, alih-alih perawatan intensif, Anda mungkin akan direkomendasikan untuk menjalani rawat jalan.  

Selanjutnya: Cara Buat Sushi Roll Pedas Ala Rumahan Selezat Buatan Restoran Jepang

Editor: Helvana Yulian
Terbaru