HOME, Bugar

Inilah Beberapa Cara untuk Mengatasi Mandul pada Laki-Laki dan Perempuan

Inilah Beberapa Cara untuk Mengatasi Mandul pada Laki-Laki dan Perempuan

MOMSMONEY.ID - Infertilitas atau kesuburan atau mandul bisa ditangani dengan konsumsi obat atau melakukan tindakan medis tertentu yang sesuai dengan penyebabnya, Healty Fertility. 

Sulitnya mendapatkan keturunan pastinya jadi dilema tersendiri untuk pasangan. Infertilitas bisa dialami pria maupun wanita. Ada berbagai cara penanganan untuk kondisi ini.

Namun, biasanya dokter akan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan untuk mencari tahu jenis pengobatan apa yang paling sesuai dan bisa dilakukan.

Terkadang, penanganan infertilitas bisa dilakukan dengan mengkombinasikan beberapa cara, misalnya konsumsi obat dan terapi, atau tindakan operasi. 

Guna menentukan pilihan pengobatan mandul yang tepat, sebelumnya Anda dan pasangan akan diminta untuk menjalani pemeriksaan kesuburan.

Baca Juga: Belum Tentu Hamil, Ini Penyebab Haid yang Tidak Teratur

Nah, untuk pria, pengobatan dilakukan dengan tujuan menangani masalah seksual dan kondisi sperma yang kurang baik. Pilihannya, antara lain:

1. Mengobati infeksi. Penggunaan obat antibiotik bisa membantu mengatasi infeksi yang menyerang saluran reproduksi. Namun, hal tersebut tidak selalu membuat kesuburan bisa normal kembali. 

2. Terapi hormon dan obat. Apabila mandul terjadi karena kadar hormon tertentu yang terlalu tinggi atau rendah atau adanya masalah tertentu dalam tubuh yang berkaitan dengan pemanfaatan hormon, dokter mungkin akan menyarankan kamu melakukan terapi hormon atau konsumsi obat. 

3. Penanganan yang berkaitan dengan permasalahan seksual. Kondisi ini mungkin memerlukan adanya konseling atau obat mandul tertentu guna membantu meningkatkan fertilitas yang berhubungan dengan ejakulasi dini atau disfungsi ereksi. 

4. Pembedahan. Varikokel menjadi salah satu masalah kesehatan yang menjadi penyebab mandul pada pria. Hal tersebut bisa ditangani dengan prosedur pembedahan. Sperma umumnya akan muncul kembali dari testis setelah sebelumnya tidak ada saat pria ejakulasi.

 Baca Juga: 5 Buah Penyubur Kandungan yang Perlu Dicoba saat Program Hamil

Sementara itu, pilihan pengobatan mandul untuk wanita, di antaranya: 

1. Obat penyubur untuk merangsang terjadinya ovulasi. Obat ini menjadi pilihan perawatan paling utama untuk perempuan dengan kondisi infertil karena masalah ovulasi. Obat akan membantu mengatur sekaligus merangsang ovulasi. 

2. Pembedahan untuk memperbaiki kondisi infertilitas. Prosedur ini terbagi menjadi beberapa metode, yaitu histeroskopi untuk membantu menangani polip endometrium atau permasalahan pada dinding pembatas rahim dan masalah jaringan parut di dalam rahim.

3. Inseminasi intrauterin. Prosedur ini punya nama lain inseminasi buatan. Metode ini dilakukan dengan memilih sperma paling berkualitas dan menempatkan di dalam rahim menggunakan alat bantu. Prosedur biasanya dilakukan ketika masa ovulasi guna memperbesar terjadinya kemungkinan kehamilan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News