HOME, Bugar

Inilah bahan herbal yang bisa menjadi obat radang amandel

Inilah bahan herbal yang bisa menjadi obat radang amandel

MOMSMONEY.ID - Jakarta. Mom's, kenali sejumlah bahan herbal yang bermanfaat sebagai obat amandel pada anak-anak dan dewasa. Obat amandel dari bahan herbal ini bisa menjadi alternatif dan pertolongan pertama jika ada anak-anak dan anggota keluarga lain yang menderita radang amandel.

Infeksi virus atau bakteri dapat menyebabkan amandel radang atau bengkak pada anak dan dewasa. Melansir Everyday Health, cara mengobati amandel pada anak dan orang dewasa perlu disesuaikan dengan penyebab mendasarnya.

Jika amandel disebabkan infeksi bakteri, dokter biasanya meresepkan obat antibiotik sesuai kuman biang penyakit dan kondisi kesehatan penderita. Pemberian obat tersebut untuk mencegah komplikasi dan mengurangi gejala penyakit.

Sedangkan radang amandel atau amandel bengkak karena infeksi virus biasanya bisa sembuh sendiri tanpa bantuan obat dalam waktu seminggu. Kendati begitu, proses penyembuhan amandel radang dan bengkak selama tiga sampai lima hari kerap menimbulkan rasa tidak nyaman.

Di antaranya sakit tenggorokan, sakit saat menelan, demam, suara serat, telinga sakit, sampai bau mulut. Bagi penderita yang sedang bergelut dengan masalah kesehatan ini, berikut beberapa obat amandel alami untuk anak dan dewasa yang bisa dijajal di rumah:

Baca juga: Inilah penurun kolesterol alami, enak dikonsumsi dan mudah dibuat

1. Larutan garam

Obat herbal radang amandel untuk anak dan orang dewasa yang pertama adalah larutan garam. Melansir Healthline, berkumur dengan larutan garam bisa digunakan sebagai obat alami untuk amandel bengkak dan radang pada anak dan orang dewasa.

Cara mengobati amandel radang dan bengkak dengan larutan garam cukup praktis. Anda tinggal melarutkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan garam ini untuk berkumur selama beberapa saat dan beberapa kali sehari sampai sakit tenggorokan reda.

2. Licorice

Obat herbal radang amandel untuk anak dan orang dewasa yang kedua adalah licorice. Permen pelega tenggorokan sakit yang mengandung licorice juga bisa digunakan sebagai obat amandel alami.

Ektrak licorice bersifat antiperadangan dan dapat membantu meredakan rasa sakit amandel yang sedang meradang dan bengkak. Perlu diingat, jangan memberikan permen pelega tenggorokan kepada anak kecil karena risikonya bisa tersedak.

Simak obat herbal radang amandel untuk anak-anak dan orang dewasa di halaman selanjutnya

3. Madu

Obat herbal radang amandel untuk anak dan orang dewasa yang ketiga adalah madu. Madu memiliki sifat antibakteri dan antiperadangan sehingga bisa membantu mengobati amandel radang dan bengkak.

Cara mengobati radang amandel menggunakan madu cukup mudah. Campurkan madu ke dalam teh, jahe, atau air putih hangat. Lalu minum selagi hangat. Minuman madu hangat dapat membantu mengurangi peradangan sekaligus rasa tak nyaman saat penyakit amandel kambuh.

4. Lemon

Obat herbal radang amandel untuk anak dan orang dewasa yang keempat adalah cairan lemon. Seperti larutan garam dan madu, lemon juga dapat membantu meredakan rasa sakit saat amandel radang dan bengkak.

Melansir PennMedicine, lemon juga banyak mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat melawan infeksi. Cara mengobati radang amandel dengan lemon cukup praktis. Campurkan satu sendok teh perasan lemon ke dalam minuman hangat. Lalu minum selagi hangat.

Selain menjajal obat amandel alami di atas, saat penyakit kambuh penderita juga disarankan banyak minum air putih dan beristirahat. Hindari paparan asap rokok, segala jenis gorengan, keripik, atau makanan bertekstur keras yang bisa menyakiti tenggorokan.

Itulah beragam obat herbal radang amandel pada anak-anak dan dewasa. Jika sudah lebih dari seminggu penyakit amandel radang dan bengkak tak kunjung sembuh, segera konsultasikan ke dokter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Obat Amandel Alami yang Bisa Dijajal di Rumah",


Penulis : Mahardini Nur Afifah
Editor : Mahardini Nur Afifah

Selanjutnya: Penyebab Penyakit Radang Tenggorokan yang Sering Dialami

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News