Bugar

Inilah Bahan Aktif Skincare yang Cocok untuk Jenis dan Masalah Kulit Anda!

Inilah Bahan Aktif Skincare yang Cocok untuk Jenis dan Masalah Kulit Anda!

MOMSMONEY.ID - Setiap jenis dan masalah kulit membutuhkan bahan aktif skincare yang berbeda-beda. Hal ini supaya bahan aktif skincare dapat bekerja optimal terhadap kondisi kulit wajah tiap orang.

Bahan aktif skincare di bawah ini bisa menjadi referensi Anda saat menentukan produk skincare yang akan digunakan berdasarkan jenis dan masalah kulit. Melansir dari loreal-paris.co.id, simak penjelasannya di sini. 

1. Kulit Berminyak

Bahan aktif skincare yang cocok untuk kulit berminyak, seperti Salicylic acid dan Clay. Hal ini karena kandungan di dalamnya dapat merawat kesehatan kulit berminyak. 

  • Salicylic acid: Salah satu bentuk dari BHA (Beta-hydroxy acid), eksfoliator ini dapat membersihkan kulit wajah sampai ke pori-pori dan membasmi bakteri penyebab jerawat. Pemakaian kandungan Salicylic acid tidak membuat kulit menjadi kering. 
  • Clay: Terkenal dengan kemampuannya menyerap minyak di kulit wajah serta membersihkan pori-pori secara optimal. Biasa digunakan sebagai bahan pembuat masker wajah. 

2. Kulit Kering

Selanjutnya, bahan aktif skincare untuk kulit kering, seperti Hyaluronic acid dan Ceramide. Yang dibutuhkan kulit kering adalah dapat meng-hidrasi kulit dengan baik sehingga kulit bisa lembab dan sehat. 

  • Hyaluronic acid: Molekul gula yang memiliki kemampuan menahan 1.000 kali beratnya di dalam air, sehingga dapat meng-hidrasi kulit wajah dengan optimal, membuatnya jadi kenyal dan lembut.
  • Ceramide: Lipid yang terdapat di dalam lapisan stratum corneum atau yang merupakan bagian dari skin barrier. Ceramide membantu skin barrier melindungi kulit wajah dari agresor lingkungan serta mencegah air di lapisan kulit menguap ke udara. 

Baca Juga: 4 Sayuran yang Ampuh Menurunkan Gula Darah, Penderita Diabetes Wajib Tahu

3. Kulit Normal

Bagi pemilik kulit normal, bahan aktif Glycerin dan Niacinamide cocok digunakan pada produk skincare Anda karena dapat merawat dan menjaga kondisi kulit.

  • Glycerin: Pelembap humektan yang paling banyak digunakan dalam produk skin care. Glycerin membantu menjaga kelembapan kulit wajah dan menghidrasinya, sehingga kulit menjadi sehat dan lembut. 
  • Niacinamide: Turunan dari Vitamin B3, senyawa ini dikenal dengan manfaat mencerahkan dan meratakan warna kulit sehingga sering digunakan dalam skin care untuk mencerahkan kulit. Juga memiliki manfaat anti-inflamasi dan menenangkan kulit yang meradang. 

4. Kulit Rentan Berjerawat

Jika Anda memiliki masalah kulit rentan berjerawat, bahan aktif skincare Benzoyl peroxide dan Centella asiatica bisa menjadi solusi yang tepat. 

  • Benzoyl peroxide: Sangat efektif untuk mengobati jerawat karena kemampuannya membunuh bakteri penyebab jerawat.
  • Centella asiatica: Herbal yang memiliki manfaat antiinflamasi tinggi sehingga dapat meredakan peradangan kulit akibat iritasi dan jerawat. Dikenal di Indonesia sebagai daun pegagan, herba ini juga membantu melindungi kulit dari agresor lingkungan.

5. Kulit Menua 

Penuaan pasti akan dialami oleh siapa saja seiring bertambahnya usia. Namun, kulit tetap harus dirawat dari masalah penuaan dini. Oleh karena itu, retinol dan peptide bisa menjadi solusi yang benar. 

  • Retinol: Turunan dari Vitamin A, retinol sangat dikenal dengan manfaatnya untuk mengatasi tanda-tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, dan hiperpigmentasi. Retinol juga dapat digunakan untuk perawatan kulit berminyak dan berjerawat.
  • Peptide: Asam amino yang menjadi penyusun protein-protein yang dibutuhkan kulit untuk menjaga ketahanan dan kekuatan jaringan kulit. Tanpa peptide yang cukup, tanda-tanda penuaan di kulit akan dengan cepat muncul. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News