HOME, Bugar

Inilah 9 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

Inilah 9 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa jenis sayur yang diketahui baik untuk kesehatan ginjal. Makanan sehat ini bermanfaat untuk mendukung fungsi ginjal dan mencegah penyakit yang bisa menyerang organ penting tersebut. 

Dirangkum dari Mayo Clinic dan Health Focus, berikut ini beberapa makanan yang baik untuk kesehatan ginjal, antara lain:

1. Kubis

Makanan yang baik untuk kesehatan ginjal pertama adalah kubis. Kubis merupakan sayuran bebas potasium aman bagi organ ginjal.

Kandungan phytochemical didalamnya, mampu membantu tubuh dalam melawan radikal bebas yang menjadi pemicu penyakit kronis, seperti kanker.

Bukan itu saja, makanan sehat ini kaya akan serat, vitamin B6, K dan C, juga asam folat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Inilah 5 Penyakit yang Ditandai dengan Sering Pusing

2. Kacang polong dan kacang hijau 

Makanan yang baik untuk kesehatan ginjal kedua adalah kacang polong dan kacang hijau. Kacang polong dan kacang hijau memiliki kandungan rendah potasium dan tinggi serat.

Serat sendiri diperlukan untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, yang berperan penting dalam mengelola berat badan berlebih dan diabetes.

Kedua gangguan kesehatan tersebut merupakan penyebab utama penyakit ginjal.

3. Paprika merah

Makanan yang baik untuk kesehatan ginjal ketiga adalah paprika merah. Paprika merah merupakan sayuran ramah ginjal dengan kandungan kalium rendah. 

Paprika merah mampu menjaga kesehatan organ ginjal, sekaligus aman dikonsumsi pengidap sakit ginjal.

Bukan itu saja, sayuran ini juga mengandung vitamin C, A dan B6, serta nutrisi lain, seperti asam folat dan serat.

Baca Juga: Tidak Hanya untuk Kesehatan, Inilah Manfaat Daun Binahong untuk Kecantikan

4. Asparagus 

Makanan yang baik untuk kesehatan ginjal keempat adalah asparagus. Asparagus memiliki kandungan asparagin yang mampu membersihkan organ ginjal secara alami.

Secara tidak langsung, makanan sehat ini mampu mencegah batu ginjal, dengan menunjang fungsi ginjal menjadi lebih baik. Bukan itu saja, asparagus juga mengandung tinggi serat, tvitamin A, C, E, dan K.

5. Kale

Makanan yang baik untuk kesehatan ginjal kelima adalah kale. Sayuran hijau yang cantik ini kaya akan vitamin A dan C, kalsium, dan banyak mineral penting lainnya.

Kale juga merupakan sumber karotenoid dan flavonoid yang baik, yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan anti kanker. Tidak hanya itu, kale juga mengandung sumber vitamin K yang signifikan.

6. Bayam

Makanan yang baik untuk kesehatan ginjal keenam adalah bayam. Sayuran berdaun hijau ini kaya akan vitamin A C, K, dan folat.

Beta-karoten yang ditemukan dalam bayam juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu dan melindungi penglihatan mata.

Sayuran bayam juga merupakan sumber magnesium yang baik. Anda bisa memasukkan bayam ke dalam menu makanan untuk ginjal yang sehat.

7. Bawang putih

Makanan yang baik untuk kesehatan ginjal ketujuh adalah bawang putih. Bawang putih mampu menjaga kesehatan ginjal karena sifat diuretiknya.

Diuretik sendiri dapat membantu menghilangkan kelebihan natrium dan air dari dalam tubuh dalam bentuk urine.

Selain itu, makanan sehat ini mampu mengurangi peradangan, melawan infeksi, membersihkan tubuh, menurunkan kolesterol, serta berperan sebagai antibiotik alami untuk tubuh.

Baca Juga: Inilah 5 Penyakit yang Ditandai dengan Sering Pusing

8. Kembang kol

Makanan yang baik untuk kesehatan ginjal kedelapan adalah kembang kol. Kembang kol merupakan sayuran yang mengandung asam folat dan serat.

Sayuran ini mampu membersihkan organ ginjal secara alami, serta meningkatkan fungsinya. Kembang kol memiliki kandungan rendah potasium yang aman dikonsumsi oleh pengidap penyakit ginjal kronis.

9. Lobak

Makanan yang baik untuk kesehatan ginjal kesembilan adalah lobak. Lobak adalah sayuran renyah yang bisa menjadi pilihan makanan yang sehat untuk diet ginjal.

Hal itu karena sayuran ini rendah potasium dan fosfor, tapi tinggi dalam banyak nutrisi penting lainnya. Lobak kaya akan vitamin C, antioksidan yang sudah terbukti bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan katarak. 

Itulah beberapa makanan yang baik untuk kesehatan ginjal yang bisa Anda konsumsi setiap hari agar bisa mendapatkan manfaatnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News