HOME, Bugar

Inilah 7 Vitamin Penting yang Wajib Terpenuhi untuk Ibu Hamil

Inilah 7 Vitamin Penting yang Wajib Terpenuhi untuk Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Kehamilan membuat Anda harus mengubah kebiasaan makan. Anda harus lebih banyak menyantap makanan yang beragam, termasuk sayur dan buah.   

Di dalam sayur dan buah terdapat berbagai macam nutrisi dan vitamin penting yang diperlukan ibu hamil untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan janinnya.  

Dilansir dari Pregnant Education, berikut ini beberapa vitamin penting yang wajib terpenuhi untuk ibu hamil, antara lain: 

1. Vitamin C

Vitamin penting yang wajib terpenuhi untuk ibu hamil pertama adalah vitamin C. Vitamin C dapat melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Hal ini kemudian dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan ibu hamil dan janin. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu penyerapan zat besi. 

Baca Juga: Lakukan dengan Rutin! Inilah 5 Olahraga yang Aman Buat Ibu Hamil

2. Zat Besi

Vitamin penting yang wajib terpenuhi untuk ibu hamil kedua adalah zat besi. Oksigen yang mengalir ke semua bagian tubuh dibawa oleh sel darah merah.

Jika kekurangan zat besi, ibu hamil bisa terkena anemia yang berakibat pada kondisi fisik yang mudah lelah, pusing, lemah, dan pucat.

3. Vitamin D

Vitamin penting yang wajib terpenuhi untuk ibu hamil ketiga adalah vitamin D. Vitamin D dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin yang masih dalam kandungan. 

Vitamin D bertugas untuk mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh yang dibutuhkan untuk menjaga agar tulang dan gigi tetap sehat. 

4. Asam Folat

Vitamin penting yang wajib terpenuhi untuk ibu hamil keempat adalah asam folat. Asam folat yang cukup bisa mencegah cacat pada sistem saraf bayi.

Ibu hamil bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan asam folat seperti ayuran hijau, sereal gandum, kacang-kacangan, dan jeruk mengandung asam folat yang baik untuk kandungan. 

5. Vitamin E

Vitamin penting yang wajib terpenuhi untuk ibu hamil kelima adalah vitamin E. Anda bisa mendapatkan vitamin E dari minyak sayur, kacang-kacangan, bayam, dan sereal.

Untuk membantu pembentukan dan penggunaan sel darah merah dan otot, tubuh membutuhkan asupan vitamin E yang cukup. 

Baca Juga: Ibu Hamil Wajib Tahu! Inilah 5 Makanan yang Bisa Memicu Keguguran

6. Vitamin A

Vitamin penting yang wajib terpenuhi untuk ibu hamil keenam adalah vitamin A. Vitamin A berfungsi untuk mendukung perkembangan penglihatan janin.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam vitamin A juga dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh ibu, sehingga ibu tak gampang sakit. 

8. Kalsium

Vitamin penting yang wajib terpenuhi untuk ibu hamil selanjutnya adalah kalsium. Asupan kalsium yang dibutuhkan ibu hamil adalah sekitar 1.000 miligram setiap hari. 

Kalsium bermanfaat menunjang kesehatan tulang dan gigi bayi dalam kandungan. Kalsium membantu janin tumbuh dan membentuk tulangnya sendiri, sehingga tumbuh sempurna. 

Itulah beberapa vitamin penting yang wajib terpenuhi untuk ibu hamil dan juga imbangi dengan asupan nutrisi lainnya agar ibu dan kandungan tetap sehat sampai proses melahirkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News