Keluarga

Inilah 7 Camilan yang Sehat dan Bagus untuk Anak

Inilah 7 Camilan yang Sehat dan Bagus untuk Anak

MOMSMONEY.ID - Anak-anak yang sedang bertumbuh cenderung sering merasa lapar di antara waktu makan. Itulah sebabnya camilan sangat penting dipersiapkan.

Meskipun kebanyakan anak lebih menyukai camilan serba manis, namun jangan lantas Anda memberikannya begitu saja kepada anak secara berlebihan. Pasalnya, kandungan gula yang tinggi dalam camilan manis bisa menyebabkan berbagai permasalahan termasuk gigi berlubang.

Alih-alih memberikan camilan manis kepada anak setiap saat, alangkah baiknya Anda menyajikan camilan yang telah terbukti sehat dan bagus untuk anak. Melansir Healthline, inilah daftar camilan yang sehat dan bagus untuk anak.

1. Yogurt

Yogurt tawar

Yogurt merupakan sumber protein dan kalsium yang sangat penting untuk perkembangan tulang anak-anak. Beberapa yogurt juga mengandung bakteri hidup yang bermanfaat bagi sistem pencernaan.

Sebagian besar yogurt yang dipasarkan untuk anak-anak biasanya mengandung gula yang tinggi. Sebagai gantinya, pilihlah yogurt plain yang kaya akan lemak dan tambahkan buah-buahan segar atau sedikit madu untuk memberikan cita rasa manis.

Namun, pastikan untuk tidak memberikan madu kepada bayi berusia di bawah 12 bulan guna mencegah infeksi serius yang disebut botulisme.

2. Kacang

Kacang almond

Selain dikemas dengan serat dan antioksidan, kacang juga kaya akan lemak sehat. Adapun lemak merupakan nutrisi yang penting untuk mendukung pertumbuhan pada anak-anak.

Meskipun kacang sering kali direkomendasikan untuk tidak diberikan kepada anak-anak guna mencegah risiko reaksi alergi, namun bukti yang lebih baru menunjukkan bahwa memperkenalkan kacang pada usia dini berpotensi menurunkan risiko tersebut.

Jika Anda ingin menyajikan kacang sebagai camilan untuk si kecil, selalu ingat untuk menangani teksturnya terlebih dahulu supaya anak tidak tersedak.

3. Keju cottage

Keju cottage

Keju cottage adalah jenis keju lembut yang bahkan bisa dikonsumsi oleh bayi. Keju cottage kaya akan protein, selenium, vitamin B12, dan kalsium. Salah satu kandungan keju cottage yakni vitamin B12 penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak yang tepat pada anak-anak.

Anda dapat menyajikan keju cottage dan menambahkan buah segar atau kering sebagai topping. Atau, bisa menjadikan keju cottage sebagai olesan roti gandum.

4. Oatmeal

Oatmeal

Oatmeal tidak hanya dapat dijadikan sebagai menu sarapan yang sehat, tetapi juga bisa menjadi camilan yang enak untuk anak-anak. Kaya akan serat larut, oatmeal mampu meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan di saluran pencernaan bersamaan dengan manfaat kesehatan lainnya.

Guna memberikan manfaat yang terbaik untuk anak, hindarilah oatmeal dengan kandungan gula yang tinggi. Dan, campurkan oatmeal dengan susu alih-alih air untuk memberikan beberapa protein dan kalsium ekstra.

5. Telur rebus

Telur Rebus

Telur rebus yang disimpan di dalam lemari es dapat menjadi camilan praktis berprotein tinggi untuk anak-anak. Mengapa telur termasuk camilan yang sangat baik untuk anak? Karena, telur menyediakan protein berkualitas tinggi dan beberapa vitamin serta mineral termasuk vitamin B12, riboflavin, dan selenium.

Telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang merupakan dua karotenoid yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Plus, telur merupakan salah satu sumber kolin terbaik yang mana kolin adalah vitamin yang diperlukan untuk perkembangan otak yang tepat.

6. Snack kismis

Kismis

Kismis atau anggur kering memiliki hampir semua nutrisi yang ditemukan pada anggur segar tetapi dalam paket yang lebih kecil. Kismis mengandung zat besi yang dibutuhkan untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Selain itu, kismis juga mengandung senyawa tanaman termasuk asam oleanolic yang bermanfaat untuk melindungi gigi anak dari permasalahan gigi berlubang dengan cara mencegah bakteri menempel pada gigi.

Snack berbahan kismis patut untuk dipertimbangkan karena camilan ini jauh lebih sehat daripada kebanyakan camilan lainnya.

7. Buah-buahan

Semangka

Buah-buahan segar adalah camilan yang nyaman dan tentu saja sehat untuk anak-anak. Sebagian besar buah-buahan mengandung serat dan nutrisi penting seperti potassium, vitamin A, dan vitamin C.

Beberapa contoh buah-buahan yang cocok untuk dijadikan sebagai camilan dan praktis untuk dibawa ke mana-mana adalah pisang, apel, pir, anggur, persik, dan plum. Untuk buah dengan ukuran yang lebih besar seperti melon dan nanas, pastikan Anda memotongnya terlebih dahulu hingga menjadi potongan-potongan kecil supaya anak bisa memakannya dengan mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News