Bugar

Inilah 6 Manfaat Tamanu Oil untuk Kulit, Bikin Terasa Lembab

Inilah 6 Manfaat Tamanu Oil untuk Kulit, Bikin Terasa Lembab

MOMSMONEY.ID - Tamanu oil semakin digemari oleh banyak wanita, karena manfaatnya yang baik untuk kecantikan kulit. Tamanu Oil adalah minyak esensial yang diekstrak dari kacang pohon laurelwood (Calophyllum inophyllum). 

Tamanu oil mengandung calophyllolide yakni zat yang diketahui memiliki sifat anti-inflamasi, juga delta-tocotrienol (bentuk vitamin E) serta sejumlah antioksidan. 

 Tertarik mengenal lebih jauh manfaat minyak essensial ini? Simak penjelasan tentang manfaat tamanu oil untuk kecantikan kulit dikutip dari cnfstore.com:

1. Mencegah penuaan dini 

Manfaat tamanu oil pertama adalah mampu mencegah penuaan dini. Masalah kulit ini, selalu menjadi hal yang ditakuti oleh wanita. Tamanu oil mampu meningkatkan produksi kolagen dan glikosaminoglikan (GAG) yang berperan sebagai anti-aging dan regenerasi kulit. Sehingga dapat membantu mencegah kerutan yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari. 

Antioksidan dalam tamanu oil ampuh efektif melawan radikal bebas yang bisa mengurangi elastisitas kulit, memicu munculnya kerutan, dan menurunkan kemampuan regenerasi kulit. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda dapat melakukan perawatan kulit dari tamanu oil secara rutin.

2. Melembabkan kulit

Tamanu oil juga mampu melembabkan kulit wajah. Jika kulit Anda cenderung kering, perawatan menggunakan minyak alami ini bisa dicoba. Tamanu oil kaya akan asam lemak seperti linoleic acid, palmitic acid, stearic acid, dan linolenic.

Sehingga minyak alami ini mampu mengunci kelembapan dengan bertindak sebagai barrier. Namun pernyataan ini diperlukan penelitian yang lebih jauh. 

3. Mengatasi masalah jerawat

Manfaat tamanu oil selanjutnya yaitu mengatasi masalah jerawat. Tamanu oil memiliki sifat antibakteri terhadap bakteri penyebab jerawat. Selain itu, juga mempunyai efek anti inflamasi untuk mengobati jerawat yang meradang.

Kandungan antioksidan yang kuat pada tamanu oil berperan penting untuk menyamarkan bekas jerawat serta mengurangi produksi sebum berlebih pada kulit wajah.

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Minyak Biji Anggur untuk Wajah

4. Menyembuhkan Luka

Tamanu oil bermanfaat untuk merangsang regenerasi kulit dan menyembuhkan luka. Tentunya hal tersebut dibantu oleh kandungan sel proliferasi, kolagen, dan glikosaminoglikan (GAG) yang diperlukan untuk menyembuhkan bekas luka.

Tamanu oil efektif memicu pertumbuhan jaringan kulit baru, mempercepat penyembuhan luka, dan menstimulasi sel kulit baru tumbuh. 

5. Menyamarkan stretch mark

Selain penuaan dini, stretch mark juga menjadi masalah yang sering ditakuti oleh banyak wanita. Stretch mark disebabkan karena kurangnya elastisitas kulit. Meski tidak berbahaya, stretch mark bisa membuat wanita menjadi tidak percaya diri.

Kandungan asam lemak pada tamanu oil efektif membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi tampilan stretch mark.Disarankan, gunakan tamanu oil pada area yang mengalami stretch mark secara rutin 2 kali sehari dalam 2 bulan.

6. Sebagai serum alami mata

Manfaat tamanu oil untuk kecantikan lainnya, sebagai serum alami mata. Tamanu oil mampu mengatasi masalah kantung mata dan dark circle anda. Berkat kandungan asam lemaknya, kulit tipis sekitar mata dapat terjaga kelembapannya dan melakukan regenerasi dengan baik.

Cara mengaplikasikan tamanu oil yaitu dengan mengambil beberapa tetes tamanu oil dan oleskan di area bawah mata. Ratakan secara lembut menggunakan jari manis agar minyak terserap dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News