Bugar

Inilah 6 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami dan Benar

Inilah 6 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami dan Benar

MOMSMONEY.ID - Bau badan memberikan dampak buruk ke diri sendiri dan orang lain. Namun, Anda bisa menerapkan beberapa cara ini untuk menghilangkan bau badan secara alami dan benar.

Bau badan membuat orang lain di sekitar Anda merasa tidak nyaman karena aroma yang dikeluarkan dari tubuh Anda. Bau badan disebabkan oleh banyak hal, seperti kebiasaan, pola makan, bakteri dan lain-lain. Sangat penting bagi Anda untuk merawat tubuh dengan benar. 

Oleh karena itu, berikut enam cara menghilangkan bau badan secara alami dilansir dari herworld.co.id, yaitu:  

1. Mandi Rutin

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah mandi rutin. Ternyata bau badan juga bisa muncul karena kebiasaan Anda sehari-hari, salah satunya malas mandi.

Saat bau badan sudah terlanjur muncul, sangat disarankan untuk mandi secara rutin minimal satu kali sehari. Kebutuhan akan mandi tentunya juga disesuaikan dengan tingkat dan jenis aktivitas yang Anda lakukan.

Semakin sering Anda beraktivitas yang menimbulkan keringat sangat disarankan untuk langsung mandi, agar menghindari bertumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan bau badan.

2. Pemilihan Sabun Mandi

Cara menghilangkan bau badan selanjutnya adalah pemilihan sabun mandi. Bila ternyata mandi secara rutin masih belum berpengaruh terhadap bau badan, cobalah untuk mengganti jenis sabun mandi. Sangat disarankan untuk mengganti sabun mandi Anda biasanya dengan sabun khusus anti bakteri.

Anda juga harus menggosok bagian-bagian lipatan badan seperti ketiak, lipatan leher dan daerah bawah payudara yang memang sangat rentan dengan keringat.

Setelah itu pastikan untuk mengeringkan badan Anda dengan benar, untuk menghindari terjadinya kondisi lembap yang menumbuhkan bakteri

3. Mengatur Pola Makan

Makanan yang dikonsumsi juga bisa berpengaruh dengan bau badan Anda. Hal ini terjadi karena beberapa makanan memiliki bau yang cukup kuat yang dapat keluar dari pori-pori kulit ketika Anda sedang berkeringat. Beberapa makanan yang dapat menyebabkan bau badan diantaranya ialah bawang-bawangan dan keju.

Selain itu, beberapa makanan ternyata juga dapat meningkatkan produksi keringat, beberapa diantaranya ialah minuman yang mengandung kafein dan alkohol.

Anda sangat disarankan untuk mengurangi atau tidak mengonsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan pemicu bau badan.

Baca Juga: Pahami Manfaat dan Cara Menggunakan Peeling Gel dengan Benar

4. Minum Air Putih

Kemudian, Anda harus rutin minum air putih. Saat ini ada berbagai minuman berasa yang populer. Kebiasaan ini terkadang membuat Anda sering lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup untuk badan.

Ternyata mengonsumsi air putih yang banyak dapat membantu mengeluarkan bakteri dan pantogen yang menyebabkan bau badan. Air putih juga dapat menjadi penetral yang baik dan aman untuk kondisi badan Anda.

5. Pemilihan Pakaian

Berikutnya, pakaian yang digunakan tidak hanya berpengaruh pada penampilan tetapi juga terhadap bau badan Anda. Saat sedang mengalami bau badan, cobalah untuk menggunakan pakaian dengan sirkulasi yang baik dan mampu menyerap keringat.

Anda bisa menggunakan pakaian berbahan katun, sutra atau wol yang memang memiliki daya serap yang baik terhadap keringat.

6. Gunakan Lemon

Cara menghilangkan bau badan lainnya adalah gunakan lemon. Hal ini karena lemon memiliki kandungan asam dan antiseptik alami yang dapat dengan baik membunuh bakteri penyebab bau badan. Anda dapat mengoleskan lemon di ketiak untuk menghilangkan racun serta pemicu lain dari bau badan.

Anda bisa mencoba beberapa cara di atas untuk menghilangkan bau badan secara alami dan benar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News