HOME, Bugar

Inilah 5 Tips Menerapkan Hidup Sehat Saat Bulan Puasa

Inilah 5 Tips Menerapkan Hidup Sehat Saat Bulan Puasa

MOMSMONEY.ID - Ada banyak perubahan pola hidup selama bulan puasa. Mulai dari pola tidur, pola makan, dan aktivitas sehari-hari selama bulan puasa. 

Meskipun segala aktivitas hampir dilakukan di rumah, Anda perlu memastikan setiap anggota keluarga bisa menjaga kebugaran tubuh selama bulan puasa. 

Agar selalu sehat dan fit, coba intip beberapa tips menerapkan hidup sehat di bulan puasa. Dilansir dari Mayo Clinic, berikut beberapa di antaranya: 

Baca Juga: Kenali Manfaat Rutin Berolahraga Selama Bulan Puasa

1. Tidur yang cukup

Tips menerapkan hidup sehat di bulan puasa yang pertama adalah menerapkan tidur yang cukup. Di bulan puasa, kita perlu bangun lebih pagi dari biasanya untuk melaksanakan sahur. 

Oleh karena itu, sebaiknya tidurlah lebih awal agar kebutuhan waktu tidur tetap terpenuhi, paling tidak selama 7 jam. 

Dengan tidur yang cukup, kita tidak akan kesiangan bangun untuk sahur. Selain itu, hal ini juga dapat membantu kita untuk tetap bersemangat sepanjang hari. 

2. Konsumsi buah yang mengandung banyak air

Tips menerapkan hidup sehat di bulan puasa yang selanjutnya adalah untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang mengandung banyak air. 

Selalu sediakan buah-buahan yang tinggi kadar air saat sahur dan berbuka puasa bersama keluarga. 

Misalnya, buah persik, semangka, maupun jeruk. Selain mengandung air dan serat, buah-buahan ini juga memberikan kebutuhan vitamin C. 

3. Jangan melewatkan sahur

Tips menerapkan hidup sehat di bulan puasa yang ketiga adalah jangan sampai melewatkan waktu sahur.  

Selama Ramadan, sarapan pagi yang biasa dilakukan mengalami perubahan jam, yakni sesaat sebelum matahari terbit atau waktu imsak. 

Selain sebagai bekal tenaga untuk menjalani hari, sahur bisa membantu kita untuk lebih berkonsentrasi selama menjalankan aktivitas. 

Baca Juga: 4 Olahraga yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Selama Berpuasa

4. Minum minimal 8 gelas air mineral

Tips menerapkan hidup sehat di bulan puasa yang keempat adalah minum minimal 8 gelas air mineral.  

Tidak ada perbedaan jumlah asupan air minum yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa. Dianjurkan untuk tetap minum 8 gelas air mineral setiap hari. 

Kita perlu menjaga asupan gizi seimbang termasuk mineral yang memang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi tidak dapat diproduksi di dalam tubuh. 

5. Rutin olahraga ringan

Tips menerapkan hidup sehat di bulan puasa yang  kelima adalah rutin melakukan olahraga ringan.  

Hindari olahraga yang berjenis endurance (daya tahan fisik) dan yang berkenaan dengan kecepatan, karena bisa menguras energi. 

Cukup lakukan aktivitas fisik yang ringan, seperti yoga, jalan kaki, maupun stretching. Saat melakukan olahraga, jangan lupa perhatikan apakah tubuh mampu melanjutkannya atau tidak. 

Itulah beberapa tips menerapkan hidup sehat di bulan puasa yang bisa Anda lakukan untuk tetap sehat dan bugar selama bulan puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News