HOME, Bugar

Inilah 5 Penyebab Tubuh Gampang Sakit yang Perlu Anda Kenali

Inilah 5 Penyebab Tubuh Gampang Sakit yang Perlu Anda Kenali

MOMSMONEY.ID - Tubuh sering sakit-sakitan bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari lemahnya daya tahan tubuh atau seringnya terpapar kuman, virus, atau parasit. 

Hal ini bisa disebabkan gaya hidup yang kurang sehat, lingkungan hidup yang tidak higienis, hingga gangguan kesehatan tertentu. 

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami sakit, baik sakit kepala, sakit perut, demam, pilek, dan batuk.

Kondisi ini sebenarnya wajar terjadi dan menandakan bahwa daya tahan tubuh sedang aktif bekerja untuk melawan infeksi. 

Baca Juga: Kenali Sederet Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan Anak

Dilansir dari Health Focus, berikut ini beberapa penyebab tubuh gampang sakit yang perlu Anda kenali, antara lain: 

1. Kurang tidur

Penyebab tubuh gampang sakit yang pertama adalah kurang tidur. Padahal kurang tidur adalah salah satu kebiasaan buruk yang bisa memicu berbagai penyakit.  

Ketika tidur, tubuh akan melakukan berbagai pemulihan. Sistem kekebalan akan melepaskan sitokin yang membantu melawan peradangan dan penyakit. 

Kurang tidur dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti masalah kardiovaskular, obesitas, dan diabetes. 

2. Pola makan kurang sehat

Penyebab tubuh gampang sakit yang kedua adalah karena pola makan yang kurang sehat. 

Daya tahan tubuh yang kuat bisa Anda miliki dengan banyak mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi, seperti antioksidan, protein, omega-3, serta vitamin dan mineral. 

Contohnya adalah sayur dan buah-buahan, telur, ikan, kerang, kacang, yoghurt, dan biji-bijian, seperti gandum.  

3. Stres kronis

Penyebab tubuh gampang sakit yang ketiga karena stres kronis. Tak hanya kondisi fisik, menurunnya kondisi mental juga bisa menjadi penyebab Anda gampang sakit. 

Stres yang kronis atau berkepanjangan dapat memicu berbagai gangguan kesehatan mulai dari sakit kepala, kelelahan, infeksi berulang, penyakit jantung hingga depresi. 

Tubuh yang menerima terlalu banyak stres juga akan mudah lelah, sulit tidur, dan mengalami gangguan pencernaan. 

Baca Juga: 5 Manfaat Lari Pagi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

4. Kekurangan nutrisi

Penyebab tubuh gampang sakit yang keempat adalah kurangnya asupan nutrisi. Asupan makanan bergizi seimbang menjadi faktor penting dalam menjaga kesehatan seseorang.

Di dalam makanan terdapat berbagai nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh agar dapat terus berfungsi dengan baik, termasuk memperkuat imun tubuh. 

5. Gangguan imunitas tubuh

Penyebab tubuh gampang sakit yang terakhir adalah gangguan imunitas tubuh. Gangguan imun tubuh dapat terjadi saat sistem kekebalan tidak melawan antigen penyebab penyakit.

Beberapa orang mungkin memiliki sistem kekebalan yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga menjadi lebih mudah sakit. 

Oleh sebab itu, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter guna menjalani pemeriksaan kesehatan yang menyeluruh dan mendapatkan pengobatan agar tubuh tidak mudah sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News