Bugar

Inilah 5 Penyebab Timbulnya Jerawat yang Harus Disadari

Inilah 5 Penyebab Timbulnya Jerawat yang Harus Disadari

MOMSMONEY.ID - Jerawat termasuk masalah kulit yang paling banyak dialami orang. Anda perlu mengenal beberapa penyebab timbulnya jerawat di wajah. 

Jerawat disebabkan oleh banyak banyak faktor mulai dari genetik hingga kebiasaan yang buruk. Oleh karena itu, Anda harus mengenal penyebab timbulnya jerawat.

Melansir dari senka.id, berikut ini beberapa penyebab timbulnya jerawat di wajah: 

1. Faktor genetik

Penyebab timbulnya jerawat salah satunya faktor genetik.

Coba perhatikan anggota keluarga Anda. Jika wajahnya rentan berjerawat, maka besar kemungkinan, kulit Anda pun akan cenderung berjerawat pula. 

2. Hormon

Penyebab timbulnya jerawat selanjutnya karena ketidakseimbangan kadar hormon estrogen atau androgen selama hamil, menstruasi, menopause, dan faktor pencetus lainnya.

Untuk hal ini, Anda bisa konsultasikan dengan dokter wajah dan perlu segera diobati dengan tepat agar tidak semakin parah.

Baca Juga: 7 Kandungan Skincare yang Berbahaya untuk Kesehatan Kulit, Waspada!

3. Produksi Sebum Berlebih

Produksi sebum berlebih juga termasuk penyebab timbulnya jerawat. Guna kelenjar ini sebenarnya untuk melapisi permukaan kulit dan folikel rambut dengan menghasilkan sebum agar tidak terlalu kering.

Namun, lain cerita pada kulit rentan berjerawat, kelenjar minyak ini kerap memproduksi sebum berlebih. Sehingga, kalau jarang dibersihkan, pori-pori wajah akan tersumbat sel kulit mati dan terciptalah komedo.

Jadi, rajinlah membersihkan wajah dengan double cleansing agar kebersihan pori-pori terjaga. 

4. Bakteri

Penyebab timbulnya jerawat berikutnya adalah bakteri. Propionibacterium acnes atau bakteri penyebab jerawat ini hidup dan berkembang di permukaan kulit.

Bakteri inilah yang kerap menyumbat folikel rambut di pori-pori hingga menyebabkan peradangan di wajah.

5. Begadang

Penyebab jerawat lainnya adalah begadang. Anda harus waspada karena kurang tidur juga menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat di wajah.

Sebab saat kita terlalu lelah, produksi hormon kortisol akan meningkat untuk menyeimbangkan kadar stres pada tubuh. Hormon ini biasanya akan memicu peradangan pada tubuh, sehingga struktur dan fungsi kulit jadi rusak.

Nah, itulah beberapa penyebab timbulnya jerawat yang harus Anda tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News