HOME, Bugar

Inilah 5 Penyebab Rambut Rontok Parah di Usia Remaja

Inilah 5 Penyebab Rambut Rontok Parah di Usia Remaja

MOMSMONEY.ID - Rambut rontok bisa dialami oleh siapa saja, termasuk juga dengan remaja. Usia remaja adalah saat-saat sedang mengalami masa pubertas, dimana bisa berpengaruh pada kondisi pertumbuhan rambut.

Jika di usia remaja mengalami kerontokan rambut yang parah, sebaiknya cari tahu dahulu penyebab masalah rambut ini. Melansir dari dove.com, berikut lima penyebab rambut rontok parah di usia remaja, yaitu: 

1. Alopesia Areata

Penyebab rambut rontok parah di usia remaja pertama adalah Alopesia Areata. Alopesia areata adalah gangguan autoimun yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Pada kondisi ini, sistem imun menyerang folikel rambut karena menganggapnya sebagai benda asing pada tubuh. Folikel yang rusak akan membuat rambut yang tumbuh jadi rapuh dan mudah rontok.

2. Gangguan Hormon

Penyebab rambut rontok di usia remaja yaitu gangguan hormon. Aktivitas hormonal yang terjadi pada masa pubertas juga berpengaruh pada pertumbuhan rambut. Perlu diketahui pertumbuhan rambut melibatkan hormon Dihidrotestosteron (DHT).

Ketika memasuki masa pubertas, akan terjadi ketidakseimbangan hormon yang juga berpengaruh pada DHT. Gangguan hormon juga bisa dialami oleh penderita diabetes, tiroid, dan sindrom polikistik ovarium. Ketidakseimbangan hormon ini bisa diketahui setelah Anda menjalani pemeriksaan kesehatan di dokter.

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Yoga untuk Kecantikan

3. Genetik

Genetik juga termasuk penyebab rambut rontok parah di usia remaja. Penyebab ini paling sering terjadi, apabila orang tua atau kakek-nenek memiliki riwayat kebotakan, maka kebotakan tersebut dapat menurun ke anak dan cucu.

Kebotakan berawal dari rambut rontok yang semakin hari semakin parah. Jika dibiarkan begitu saja jumlah rambut rontok yang berguguran akan semakin banyak dan risiko kebotakan akan semakin besar.

4. Kurang Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Penyebab rambut rontok parah berikutnya adalah kurang mengonsumsi makanan bernutrisi. Makanan yang Anda konsumsi akan berpengaruh pada kesehatan rambut. Jika Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan rambut, maka rambut akan tumbuh sehat dan indah.

Sebaliknya, jika rambut tidak dapat menyerap nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi, maka rambut akan menjadi rapuh, kusam, dan tidak sehat. Penuhi kebutuhan nutrisi rambut dengan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Bila perlu tambahkan asupan suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi rambut.

5. Salah Memilih Produk Sampo dan Kondisioner

Penyebab rambut rontok parah di usia remaja lainnya yaitu salah memilih produk sampo dan kondisioner. Maksudnya sampo dan kondisioner yang dipakai mengandung bahan kimia yang keras.

Selain itu, sampo tersebut mungkin tidak sesuai dengan jenis rambut penggunanya. Misalnya, pemilik rambut kering menggunakan sampo dan kondisioner untuk rambut berminyak.

Oleh karena itu, perhatikan kandungan sampo dan sesuaikan dengan kondisi rambut Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News