Santai

Inilah 5 Penyebab Payudara Mengecil, Menopause Salah Satunya

Inilah 5 Penyebab Payudara Mengecil, Menopause Salah Satunya

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa penyebab mengapa ukuran payudara bisa mengecil. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Ukuran payudara yang mengecil tentu bisa menjadi hal yang mengurangi rasa percaya diri bagi sebagian wanita.

Ternyata, ada penyebab mengapa ukuran payudara bisa mengecil. Simak penjelasannya berikut:

Baca Juga: Tak Usah Minder, Coba 5 Cara Kencangkan Payudara Kendur Ini

Umur

Faktor penyebab utama ukuran payudara bisa mengecil adalah karena bertambahnya umur. Seiring bertambahnya umur, struktur dan jaringan sel pada bagian payudara juga akan berubah.

Soalnya, ada perubahan level hormon yang dipengaruhi oleh umur. Hasilnya, payudara akan kehilangan kekencangan dan juga ukurannya.

Berkurangnya hormon esterogen

Penyebab lain ukuran payudara mengecil adalah berkurangnya hormon esterogen dalam tubuh. Dengan berkurangnya hormon esterogen dalam organ reproduksi, membawa pengaruh bagi kesehatan kulit di sekitar payudara.

Laman Web MD menjelaskan, karena hal tersebut terjadi, maka kulit di area payudara akan kehilangan elastisitasnya. Sehingga, tampilan payudara yang kendur bisa saja semakin terlihat.

Baca Juga: Wanita Wajib Tahu, Ini Cara Mengukur Ukuran Bra dengan Tepat

Menopause

Menopause adalah proses natural di mana proses menstruasi tidak lagi terjadi pada wanita dewasa. Memasuki masa menopause ditandai dengan tidak adanya proses menstruasi selama 12 bulan, yang menyebabkan perubahan hormon.

Dan, hampir semua proses mengecilnya payudara terjadi pada masa menopause.

Berat Badan

Penurunan berat badan juga bisa menjadi penyebab payudara mengecil. Pasalnya, tubuh menjadi semakin kurus dan kehilangan banyak lemak.

Bagian payudara hampir semuanya terdiri dari lemak. Alhasil, jika lemak dalam tubuh berkurang karena penurunan berat badan, maka lemak dalam payudara pun juga bisa berkurang dan membuatnya mengecil.

Penyebab lainnya

Melansir dari laman Health Line, ada penyebab lain yang menyebabkan ukuran payudara mengecil. Salah satunya adalah karena operasi pengangkatan rahim.

Bagi orang-orang yang pernah mengalami operasi pengangkatan rahim, maka ukuran payudara pun nantinya juga bisa berubah karena pengurangan hormon pada organ reproduksi wanita.

Itulah beberapa penyebab ukuran payudara mengecil. Jika ingin menjaga tampilan payudara yang kencang dan sehat, cobalah untuk berolahraga dan konsumsi makanan sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News