HOME, Bugar

Inilah 5 Penyakit yang Ditandai dengan Sering Pusing

Inilah 5 Penyakit yang Ditandai dengan Sering Pusing

MOMSMONEY.ID - Banyak hal yang menjadi penyebab Anda sering merasa pusing dan tidak kunjung hilang. Salah satunya karena adanya indikasi penyakit atau gangguan pada kesehatan.

Pusing merupakan suatu rasa yang menggambarkan kondisi yang dialami oleh tubuh, seperti kehilangan keseimbangan, limbung, atau seperti mau pingsan.

Pusing umum terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Pusing yang sering muncul sebaiknya tidak disepelekan begitu saja.

Ada beberapa jenis penyakit yang bisa menyebabkan pengidapnya sering pusing, seperti hipotensi, hipoglikemia, vertigo, anemia, serta dehidrasi, Healthline.

Baca Juga: Inilah Makanan yang Membantu Meningkatkan Hemoglobin

Ketika pusing yang dirasakan tidak kunjung reda, ada baiknya Anda waspada. Dilansir dari Health Focus dan Healthline, inilah beberapa penyakit yang ditandai dengan sering pusing, antara lain:

1. Dehidrasi

Penyakit yang ditandai dengan sering pusing pertama adalah dehidrasi. Dehidrasi juga dapat membuat Anda mengalami pusing.

Sebaiknya penuhi kebutuhan asupan air dalam tubuh agar Anda terhindar dari rasa pusing maupun vertigo. 

2. Vertigo

Penyakit yang ditandai dengan sering pusing kedua adalah vertigo. Vertigo adalah kondisi kelainan dalam proses pengiriman sinyal saraf dari mata menuju ke otak.

Akibatnya ada gangguan keseimbangan pada seseorang yang mengalaminya. Rasa pusing yang Anda rasakan ketika vertigo sedikit berbeda dengan rasa pusing yang Anda rasakan ketika mengalami hipotensi.

Pusing akibat vertigo terasa lebih berputar. Beberapa penyebab yang membuat Anda mengalami vertigo, salah satunya adalah terjadinya cedera bagian kepala.

Sebaiknya segera istirahat jika Anda mengalami pusing yang berputar atau vertigo.

3. Anemia

Penyakit yang ditandai dengan sering pusing ketiga adalah anemia. Ketika Anda memiliki penyakit anemia, gejala yang biasanya muncul adalah pusing.

Anemia adalah kondisi saat jumlah sel darah merah dalam tubuh lebih rendah dari jumlah normal. Jangan anggap sepele karena bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan baik

Ketika anemia kambuh, maka tubuh tidak mencukupi kebutuhan darah serta oksigen dalam tubuh dan ini menyebabkan Anda merasakan pusing. 

Baca Juga: Kenali Tanda Bayi Mengalami Dehidrasi dan Cara Mengatasinya

4. Hipoglikemia

Penyakit yang ditandai dengan sering pusing keempat adalah hipoglikemia. Ini adalah gangguan kesehatan yang disebabkan karena kadar gula dalam darah di bawah normal.

Tidak hanya pusing, ketika mengalami hipoglikemia Anda akan merasakan kelelahan, gemetar, merasa lapar, jantung berdebar, dan mudah marah.

Anda bisa lakukan pencegahan terhadap kondisi hipoglikemia dengan mengonsumsi makanan sehat, makan sesuai dengan aktivitas yang akan Anda lakukan. 

Dan jangan lupa selalu pantau kadar gula darah secara berkala dan selalu siapkan cemilan untuk menunda rasa lapar.

5. Hipotensi

Penyakit yang ditandai dengan sering pusing terakhir adalah hipotensi. Hipotensi biasa dikenal juga tekanan darah rendah.

Tekanan darah rendah dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah. Terhambatnya aliran darah menuju otak dan organ tubuh lainnya dapat menyebabkan Anda merasa pusing.

Tidak hanya pusing, Anda juga akan pucat, pandangan menjadi buram, jantung berdebar kencang, mual dan paling parah pingsan.

 Inilah 5 penyakit yang ditandai dengan sering pusing dan perlu Anda waspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News