HOME, Bugar

Inilah 5 Olahraga yang Tepat Untuk Penderita Asma

Inilah 5 Olahraga yang Tepat Untuk Penderita Asma

MOMSMONEY.ID - Olahraga sebaiknya tetap dilakukan secara rutin, terlepas dari kondisi medis yang Anda alami, termasuk asma.

Agar tetap aman dan memberikan efek yang optimal, ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh penderita asma.

Asma merupakan gangguan pernapasan jangka panjang dimana penderitanya dapat merasa sesak napas tiba-tiba, sakit dada, napas berbunyi mengi, dan batuk.

Asma disebabkan oleh pembengkakan dinding saluran udara (bronkus) yang membawa udara masuk dan keluar dari paru-paru.

Baca Juga: Anda Perlu Waspada! Inilah 5 Penyebab Asma Kambuh yang Perlu Diketahui

Jika Anda menderita asma, disarankan untuk memilih jenis olahraga dengan intensitas ringan, periode waktu yang tidak terlalu lama, dan tidak terlalu banyak mengerahkan tenaga.

Dilansir dari Health Focus, berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang tepat untuk penderita asma, antara lain: 

1. Berenang

Jenis olahraga yang tepat untuk penderita asma pertama adalah berenang. Selain itu, berenang juga dapat melonggarkan lendir yang terkumpul di paru-paru.

Tapi, sebaiknya hindari berenang di kolam berkaporit karena dapat memicu serangan asma.

2. Berjalan kaki

Jenis olahraga yang tepat untuk penderita asma kedua adalah berjalan kaki. Berjalan kaki adalah olahraga paling ringan yang bisa dilakukan oleh pengidap asma.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang berjalan tiga kali seminggu selama 12 minggu dapat meningkatkan stamina dan membuat tubuh tetap bugar tanpa risiko asma kambuh.

Anda bisa meluangkan waktu selama 30 menit sehari untuk berjalan kaki, misalnya berjalan kaki di taman atau untuk menuju ke tempat-tempat yang dekat.

3. Yoga

Jenis olahraga yang tepat untuk penderita asma ketiga adalah Yoga. Yoga penting dilakukan oleh pengidap asma karena dapat mengaktifkan lebih banyak area di paru-paru.

Menurut sebuah studi, orang yang berlatih hatha yoga selama dua setengah jam per minggu selama 10 minggu, dapat mengurangi ketergantungannya pada obat asma.

Baca Juga: 5 Penyakit yang Ditandai dengan Batuk Berdahak

4. Bersepeda

Jenis olahraga yang tepat untuk penderita asma keempat adalah bersepeda. Jika tidak dilakukan secara berlebihan, bersepeda aman untuk dilakukan oleh pengidap asma.

Selain menyenangkan dan menyegarkan, bersepeda bermanfaat untuk melatih kekuatan otot jantung dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

5. Olahraga yang menggunakan raket

Jenis olahraga yang tepat untuk penderita asma kelima adalah olahraga menggunakan raket. Olahraga jenis ini memungkinkan Anda untuk beristirahat secara teratur.

Anda bisa mengendalikan kecepatan permainan serta istirahat dan minum air kapan saja. Intensitas olahraga juga bisa berkurang jika Anda bermain berpasangan.

Jenis olahraga dengan raket yang baik untuk asma adalah tenis, squash, bulu tangkis, dan baseball.

Ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter guna menentukan jenis olahraga yang sesuai untuk kondisi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News