HOME, Bugar

Inilah 5 Obat Alami yang Ampuh Meredakan Sakit Gigi

Inilah 5 Obat Alami yang Ampuh Meredakan Sakit Gigi

MOMSMONEY.ID - Ada banyak obat alami yang ampuh meredakan sakit gigi yang bisa Anda temukan di rumah.   

Anda hanya perlu memanfaatkan beberapa bahan, lalu menjadikannya sebagai obat pertolongan pertama untuk mengatasi sakit gigi.  

Sakit gigi tidak hanya ditandai dengan munculnya rasa nyeri, tapi juga sakit kepala, gigi bengkak, sensitif terhadap panas dan dingin, hingga perdarahan pada gigi, dikutip dari Healthline.

Baca Juga: Meskipun Baunya Menyengat, Ini 5 Manfaat Jengkol untuk Kesehatan

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa obat alami yang ampuh meredakan sakit gigi yang perlu Anda ketahui, antara lain:  

1. Minyak cengkeh

Obat alami yang ampuh meredakan sakit gigi pertama adalah minyak cengkeh. Obat sakit gigi alami berikutnya adalah minyak cengkeh.  

Minyak cengkeh efektif meredakan rasa sakit, mengurangi peradangan, dan mengandung senyawa kimia eugenol yang merupakan antiseptik alami.  

2. Bawang putih

Obat alami yang ampuh meredakan sakit gigi yang kedua adalah bawang putih. Sudah sejak lama bawang putih dipercaya sebagai obat sakit gigi.   

Anda bisa mengunyah bawang secara langsung. Anda dapat menghancurkan satu siung bawang putih sampai halus, lalu mengoleskannya ke area yang mengalami sakit gigi.   

3. Garam

Obat alami yang ampuh meredakan sakit gigi yang ketiga adalah garam. Anda bisa menjadikan garam sebagai obat sakit gigi.  

Air garam dapat menjadi disinfektan alami untuk mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut.  

Berkumur menggunakan air garam juga bisa membantu membuang sisa makanan dan kotoran yang menempel di antara gigi.  

Baca Juga: Sakit Gigi Mengganggu? Inilah Cara Mengatasi Gigi Berlubang Tanpa Obat

4. Teh peppermint

Obat alami yang ampuh meredakan sakit gigi yang keempat adalah teh peppermint. Selain bisa diminum, teh peppermint juga bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi dan gigi sensitif.  

Caranya adalah panaskan air, celupkan kantung teh peppermint, lalu angkat dan dinginkan kantung teh tersebut di dalam freezer selama beberapa menit.  

5. Es batu

Obat alami yang ampuh meredakan sakit gigi yang kelima adalah es batu. Cara ini cukup ampuh untuk meredakan nyeri.  

Jika sakit gigi disebabkan oleh benturan yang mengakibatkan cedera pada gigi, Anda dapat menempelkan es batu yang telah dibungkus kain tipis ke sisi luar pipi.   

Apalagi, jika sakit gigi disertai dengan gejala lain, seperti demam, gusi merah, pipi dan rahang membengkak, telinga sakit, atau sulit untuk bernapas dan menelan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News