HOME, Bugar

Inilah 5 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Inilah 5 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Vitamin E adalah jenis vitamin larut lemak sekaligus antioksidan alami. Vitamin ini tergolong zat gizi mikro yang berarti dibutuhkan dalam jumlah kecil.

Selain untuk menjaga kesehatan secara umum, pemberian vitamin E juga bertujuan untuk mengobati atau mencegah kekurangan vitamin ini.

Orang-orang dengan penyakit tertentu mungkin juga memerlukan tambahan asupan vitamin E dari suplemen.

Baca Juga: Bukan Hanya Alzheimer, Inilah 5 Penyebab Sering Lupa yang Harus Diwaspadai

Dilansir dari Mayo Clinic, seperti dibawah ini adalah beberapa manfaat vitamin E untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Menunjang kesehatan mata

Manfaat vitamin E yang pertama adalah bisa menunjang kesehatan mata. Banyak gangguan mata disebabkan ketidakseimbangan antara antioksidan dan radikal bebas dalam tubuh.

Dengan memenuhi kebutuhan vitamin E dalam tubuh, kandungan antioksidannya mampu menjaga kesehatan sel mata lebih baik.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat vitamin E untuk kesehatan tubuh yang kedua adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin ini bekerja dengan melindungi membran (lapisan terluar) sel kekebalan.

Vitamin E diyakini bisamelawan dampak radikal bebas dan melindungi sel agar tetap sehat. Pada sel-sel imun, hal ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Menjaga keseimbangan hormon

Manfaat vitamin E yang ketiga adalah menjaga keseimbangan hormon. Konsumsi buah-buahan dan sayuran kaya vitamin E bisa mencegah munculnya keluhan tersebut.

Beberapa gejala hormon yang tidak seimbang antara lain kenaikan berat badan, sakit perut akibat menstruasi, infeksi saluran kemih, hingga alergi dan kecemasan berlebih.

Baca Juga: 5 Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Penyakit Jantung Bengkak

4. Menyehatkan rambut dan kulit kepala

Manfaat vitamin E untuk kesehatan tubuh yang keempat adalah menyehatkan rambut dan kulit kepala. Rambut yang sehat dan indah tumbuh dari kulit kepala yang sehat.

Vitamin E bisa memperkuat lapisan lemak pada sel kulit kepala. Dengan begitu, rambut Anda akan menjadi lebih kuat dan terbebas dari risiko rontok.

5. Membantu menurunkan risiko penyakit alzheimer

Manfaat vitamin E untuk kesehatan tubuh yang kelima adalah membantu menurunkan risiko penyakit alzheimer. 

Vitamin E berperan dalam memperlambat kehilangan memori dan penurunan fungsi otak. Konsumsi vitamin E yang dibarengi dengan vitamin C juga dapat mengurangi risiko demensia.

Vitamin E yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu efek samping, seperti mual, sakit kepala, hingga lemas.

Sebaiknya konsumsi vitamin E sesuai dengan dosis yang tepat. Untuk memastikan dosis yang tepat Anda bisa bertanya pada dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News