HOME, Bugar

Inilah 5 Manfaat Tomat untuk Wajah, Perawatan Kecantikan Alami

Inilah 5 Manfaat Tomat untuk Wajah, Perawatan Kecantikan Alami

MOMSMONEY.ID - Tomat adalah salah satu buah yang memiliki kandungan baik untuk perawatan kulit. Tomat mengandung antioksidan, kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, kalium, magnesium, dan juga asam folat yang bermanfaat bagi kesehatan mata dan juga kesehatan kulit.

Perawatan kecantikan alami dari tomat bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi tomat secara langsung atau membuat masker, scrub alami. Agar Anda lebih yakin dengan manfaat yang diberikan oleh tomat untuk perawatan kulit, berikut penjelasan mengenai manfaat tomat untuk wajah yang dilansir dari realfood.co.id, yaitu:

1. Mencerahkan Kulit

Manfaat tomat untuk wajah yaitu dapat mencerahkan kulit. Tentu tomat bisa mencerahkan kulit wajah yang kusam, karena kandungan antioksidan, vitamin A, dan vitamin C yang tinggi dapat berfungsi untuk memutihkan kulit wajah secara alami, manfaat tomat dapat mengurangi pigmentasi kulit, hingga mengatasi masalah flek hitam.

2. Mengatasi Jerawat dan Komedo

Selanjutnya, tomat juga mampu mengatasi jerawat dan komedo. Masalah kulit tersebut paling sering dialami oleh banyak orang. Tomat mempunyai sifat anti bakteri dan anti jamur yang dapat mengatasi jerawat. 

Timbulnya jerawat juga bisa dipengaruhi oleh gaya hidup yang kurang sehat seperti pola makan yang sembarangan dan kurangnya waktu tidur. Selain itu, tomat juga dapat mencegah pembentukan komedo dengan dipakai sebagai masker menggunakan campuran yogurt ataupun oatmeal.

Komedo yang ada pada wajah merupakan salah satu efek dari penumpukan kotoran yang menyumbat pori-pori. Jika anda mengaplikasikan masker tomat secara rutin, maka akan mendapatkan hasil yang memuaskan. 

Baca Juga: Inilah 4 Cara Merawat Kulit Mengkilat, Gunakan Selalu Pelembab

3. Menjaga Kelembaban Kulit

Manfaat tomat untuk wajah selanjutnya adalah menjaga kelembaban kulit. Tomat mampu merangsang pembentukan kolagen, menjaga kekenyalan kulit, dan membuat kulit tetap lembab.

Bila kulit terasa kering, dapat menyebabkan gatal dan pengelupasan kulit bagian terluar. Menggunakan masker tomat sebagai bahan perawatan alami merupakan pilihan yang tepat.

4. Mengencangkan Pori-Pori Kulit

Tomat berfungsi sebagai astringent alami yang membantu mengecilkan pori-pori kulit serta menghambat penumpukan kotoran dan minyak. Pori-pori yang membesar dapat membuat kotoran diluar wajah menjadi masuk ke bagian terdalam kulit. Sehingga, memunculkan permasalahan kulit baru. Selain mengencangkan pori-pori, tomat juga bisa meratakan warna kulit Anda.

5. Meredakan Iritasi Kulit

Manfaat tomat untuk wajah lainnya yaitu meredakan iritasi kulit. Tomat memiliki senyawa anti inflamasi yang bisa meredakan iritasi dan menenangkan kulit. Peradangan bisa terjadi karena kulit sensitif yang tidak diatasi dengan tepat. Menggunakan masker tomat bisa mengatasi masalah kulit Anda.

Tomat memiliki kandungan vitamin C dan E dalam jumlah banyak. Cara mengaplikasikannya dapat digunakan sebagai scrub wajah atau sebagai masker. Apabila menggunakan masker tomat setiap hari, manfaatnya untuk wajah yaitu dapat  mengurangi peradangan yang terjadi dan membuat kulit wajah lebih sehat.

Selanjutnya: Pahami Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kulit dan Waktu yang Tepat Melakukannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News