HOME, Bugar

Inilah 5 Manfaat Pil KB Selain untuk Kontrasepsi

Inilah 5 Manfaat Pil KB Selain untuk Kontrasepsi

MOMSMONEY.ID - Manfaat utama pil KB tentu saja untuk mencegah kehamilan. Pil KB menjadi salah satu metode kontrasepsi yang paling banyak digunakan, setidaknya 20% perempuan Indonesia.  

Sebuah artikel yang dimuat pada Planned Parenthood menyatakan bahwa penggunaan pil KB tidak semata-mata hanya untuk mencegah kehamilan atau kontrasepsi. 

Kabar baiknya, pil KB ternyata juga punya berbagai manfaat kesehatan untuk para penggunanya. Dirangum dari Women Health, berikut adalah beberapa manfaat kesehatan lain yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi pil KB.  

Baca Juga: Gejala Kista Ovarium yang Perlu Diketahui Wanita

1. Membantu haid lebih teratur

Salah satu manfaat minum pil KB yang bisa Anda rasakan selain mencegah kehamilan adalah haid menjadi lebih teratur. Bagi Anda yang sering uring-uringan karena haid tidak jelas jadwalnya, mungkin bisa coba minum pil KB. 

Terkadang dokter juga akan meresepkan obat minum ini pada pasiennya yang punya jadwal haid tidak teratur. Haid tidak teratur kebanyakan disebabkan oleh gangguan hormon reproduksi. 

2. Meminimalisir munculnya masalah kulit

Semua perempuan memproduksi hormon seks pria, tapi jumlahnya lebih sedikit dibanding kaum pria. Sayangnya, sebagian perempuan kerap memproduksi hormon seks pria lebih banyak dibanding lainnya. 

Hal ini ternyata dapat memicu timbulnya jerawat dan pertumbuhan rambut yang berlebihan. Pil KB dapat memperlambat produksi hormon seks pria.  

Inilah yang membuat pil KB dapat dipakai untuk mengobati jerawat dan mengurangi tumbuhnya rambut-rambut yang tidak diinginkan seperti kumis.

Beberapa perempuan mungkin tidak mengalami gejala tertentu, namun sebagian besar mengeluhkan kram perut, sakit di bagian punggung belakang, hingga haid yang mengeluarkan darah yang banyak. 

Baca Juga: Selain Memiliki Kelebihan, Ini 5 Efek Samping Memakai Pil KB

4. Menghentikan migrain yang dialami saat menstruasi

Pil KB kombinasi juga dapat membantu menghentikan migrain yang terjadi saat menstruasi. Sekitar 6 dari 10 wanita mengalami migrain yang berkaitan dengan menstruasi. 

Rupanya, migrain dapat dipicu oleh penurunan hormon estrogen yang terjadi saat menstruasi. Dan pil KB kombinasi dapat membantu menyeimbangkan perubahan kadar hormon dan mengurangi risiko migrain saat menstruasi. 

5. Meredakan endometriosis dan sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Saat mengalami endometriosis, jaringan normal di dalam rahim (endometrium) rupanya tumbuh hingga keluar dari rahim. Hal ini dapat menyebabkan menstruasi yang terasa menyakitkan. 

Meminum pil KB, dapat membantu meringankan gejala dengan cara menghambat pertumbuhan endometrium dan dapat mengurangi frekuensi menstruasi. 

Bagi perempuan yang mengalami PCOS, pil KB memiliki sejumlah manfaat. Pil KB dapat menurunkan kadar hormon testosteron dan membantu keteraturan menstruasi serta kesuburan Anda.  

Agar Anda bisa mendapatkan penjelasan yang lebih terang mengenai manfaat dari penggunaan pil KB, Anda disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter mengenai memilih dan menggunakan pil KB dengan cara yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News