CLOSE [X]
ads

Inilah 5 Manfaat Pare untuk Kesehatan Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 14 Januari 2022 | 11:05 WIB
Inilah 5 Manfaat Pare untuk Kesehatan Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

ILUSTRASI. Manfaat pare untuk kesehatan Ibu hamil


MOMSMONEY.ID - Pare (Momordica charantia) merupakan jenis sayuran yang umum Anda temukan di beberapa negara Asia, termasuk Indonesia.

Sayur hijau bergerigi ini sering dijadikan obat diabetes serta dapat meredakan berbagai masalah pencernaan. 

Selain itu, pare juga mengandung ragam mineral, yaitu kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, zinc, tembaga, mangan, dan selenium. 

Pare juga mengandung berbagai jenis vitamin seperti A, C, B1, B2, B3, B5, B6, dan B9 (folat) yang juga baik untuk kesehatan ibu hamil dan juga janin, dikutip dari Pregnant Education.

Berkat kandungan nutrisi tersebut, pare bisa membawa beragam manfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan ibu hamil.

Baca Juga: Wow! Inilah Manfaat dan Kandungan Nutrisi Ikan Salmon untuk Kehamilan

Dilansir dari Pregnant Education dan WebMD, inilah manfaat pare untuk kesehatan ibu hamil yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Mendukung perkembangan janin

Manfaat pare untuk kesehatan ibu hamil yang pertama adalah mendukung perkembangan janin. Pare juga mengandung folat yang merupakan vitamin penting selama kehamilan.

Adapun folat dapat mendukung perkembangan saraf bayi selama dalam kandungan, sehingga mengurangi risiko bayi cacat lahir. 

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat pare untuk kesehatan ibu hamil yang kedua adalah mengatasi gangguan pencernaan.  Masalah pencernaan pada ibu hamil seringlah terjadi.

Salah satu yang paling umum yaitu sembelit selama kehamilan. Untuk mengatasi masalah pencernaan ini, ibu hamil bisa makan pare.

Manfaat ini bisa ibu hamil peroleh karena kandungan serat yang ada dalam jenis sayuran tersebut. 

3. Mencegah kanker payudara

Manfaat pare untuk kesehatan ibu hamil yang ketiga adalah mencegah kanker payudara. Pare juga memiliki sifat antikanker yang terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Namun, masih diperlukan penelitian klinis lebih lanjut untuk memastikan dosis aman, efek samping, serta efektivitas pare dalam memerangi kanker. 

Baca Juga: Jangan Mudah Percaya, Ini 4 Mitos Penyebab Hamil yang Perlu Anda Ketahui

4. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat pare untuk kesehatan ibu hamil yang keempat adalah meningkatkan imunitas tubuh. Namun manfaat ini masih perlu untuk diteliti lebih lanjut. 

Meski sangat sedikit, kandungan protein tertentu yang terdapat pada pare mampu membantu meningkatkan imunitas tubuh. 

5. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat pare untuk kesehatan ibu hamil yang kelima adalah membantu mengontrol kadar gula darah. Manfaat pare yang paling terkenal yakni bantu mengontrol kadar gula darah dan mengatasi diabetes.

Manfaat ini bisa Anda peroleh berkat charantin dan polipeptida-P pada pare yang dapat bekerja seperti insulin dalam mengontrol gula darah. 

Adapun beberapa ibu hamil berisiko lebih tinggi untuk mengalami diabetes selama kehamilan (diabetes gestasional).

Kondisi ini bisa terjadi jika tubuh ibu hamil tidak dapat memproduksi cukup insulin yang dibutuhkan guna mengontrol kadar gula darah. 

Manfaat pare untuk kesehatan memang beragam, tetapi konsumsi pare juga perlu dibatasi pada ibu hamil. Beberapa ahli bahkan menyarankan untuk menghindarinya sama sekali. 

Bila perlu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai risiko konsumsi pare terhadap kehamilan.

Jika setelah mengonsumsi pare timbul efek samping berupa sakit perut, diare, atau kontrasi, segera periksakan diri ke dokter kandungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TOPIK TERPOPULER