HOME, Bugar

Inilah 5 Manfaat Minyak Kemiri untuk Perawatan Rambut

Inilah 5 Manfaat Minyak Kemiri untuk Perawatan Rambut

MOMSMONEY.ID - Kemiri biasanya sering Anda temukan di bumbu-bumbu dapur. Setelah diolah, minyak kemiri telah lama dikenal sebagai perawatan rambut. Minyak kemiri mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk rambut seperti vitamin E, vitamin C, protein dan mineral. 

Mencegah penuaan tidak hanya pada wajah, tetapi rambut juga bisa agar tidak cepat munculnya uban. Agar Anda yakin dengan perawatan rambut dari minyak kemiri ini, berikut manfaat minyak kemiri untuk rambut yang dilansir dari herworld.co.id, yaitu:

1. Mencegah munculnya uban

Manfaat minyak kemiri untuk rambut yaitu mencegah munculnya uban. Uban terjadi secara normal yang akan dialami saat usia semakin bertambah. Rambut yang berubah warna menjadi keabuan atau putih adalah tanda-tanda penuaan. Namun, munculnya uban bisa Anda cegah salah satunya dengan minyak kemiri.

Minyak kemiri mengandung vitamin E sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mencegah uban pada rambut. Anda bisa melakukan perawatan rambut dengan minyak kemiri ini secara teratur. Caranya dengan mengoleskan minyak kemiri mulai dari ujung rambut hingga akar rambut. 

Selain itu, kandungan asam gamma-linolenic dari minyak kemiri mampu mengembalikan kelembapan rambut sehingga rambut akan tampak berkilau hitam tanpa perlu mewarnainya. 

2. Mengatasi ketombe

Minyak kemiri juga bermanfaat untuk mengatasi ketombe. Ketombe menyebabkan kulit kepala terasa gatal dan bau, sehingga terasa tidak nyaman. Minyak kemiri memiliki fungsi anti inflamasi yang didapatkan dari asam linoleat yang mampu mencegah timbulnya ketombe pada rambut.

Selain itu, minyak kemiri juga mengurangi peradangan pada kulit kepala akibat ketombe. Cara menggunakan minyak kemiri pada rambut tidak sulit, cukup dengan mengoleskan minyak kemiri pada kulit kepala atau seluruh bagian kulit kepala Anda.

Kemudian, berikan pijatan selama kurang lebih 10 menit agar meresap dengan baik pada kulit kepala sebelum Anda membilasnya dengan bersih. Masalah ketombe bisa6 diatasi dengan minyak alami ini. 

Baca Juga: Promo Citilink Green Zone di Traveloka, Diskon Tiket Pesawat Hingga Rp249.000

3. Menutrisi rambut dan kulit kepala

Manfaat minyak kemiri selanjutnya yaitu menutrisi rambut dan kulit kepala. Kandungan protein dan mineral di dalam minyak dapat menyehatkan rambut Anda. Selain itu, kandungan vitamin C dan D juga bisa menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan.

Minyak kemiri dipercaya mampu merawat rambut kering, rusak dan bercabang. Kandungan asam amino dan asam lemak esensial yang terdapat dalam minyak kemiri dipercaya mampu melembapkan hingga menembus ke dalam lapisan kulit kepala. Minyak kemiri juga aman digunakan untuk kulit kepala cenderung sensitif. 

4. Rambut menjadi tebal

Anda yang memiliki rambut tipis atau mudah rontok, bisa menggunakan minyak kemiri sebagai perawatan rambut. Menggunakan minyak kemiri secara rutin pada rambut untuk merangsang pertumbuhan rambut baru agar rambut Anda bisa tumbuh lebih tebal.

Selain itu, penyebab rambut mudah rontok juga cenderung diakibatkan akar rambut yang mudah rapuh. Namun Anda jangan khawatir, minyak kemiri ini juga mampu menguatkan rambut dari akar hingga ujung rambut sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menghadapi rambut rontok.

5. Melindungi rambut dari paparan sinar matahari

Manfaat minyak kemiri untuk rambut selanjutnya adalah melindungi rambut dari paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari tidak hanya memiliki efek buruk ke wajah tetapi juga ke rambut Anda. 

Oleh karena itu, gunakan minyak kemiri yang dipercaya mampu melindungi rambut Anda dari hal-hal yang bisa merusak rambut termasuk paparan sinar matahari.

Kandungan vitamin E di dalam minyak kemiri diketahui dapat menjaga kerusakan kulit kepala akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama serta sebagai antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan rambut.

Selanjutnya: Wajah Cerah! Ketahui Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News