Bugar

Inilah 5 Manfaat Lemon untuk Wajah, Kulit Cerah dan Lembab

Inilah 5 Manfaat Lemon untuk Wajah, Kulit Cerah dan Lembab

MOMSMONEY.ID - Sering dijadikan bahan utama produk skincare, Anda bisa mengenal manfaat lemon untuk wajah di sini. Lemon kaya akan vitamin C yang baik untuk merawat kulit. Lemon sudah sejak lama digunakan untuk merawat kulit jadi sehat dan glowing.

Sehingga, Anda bisa memilih berbagai jenis produk skincare yang mengandung bahan lemon. Lebih jelasnya, berikut lima manfaat lemon untuk wajah dilansir dari senka.id

1. Melembabkan Kulit

Pertama, manfaat lemon untuk kulit adalah melembabkan kulit. Hal ini karena lemon mengandung senyawa kalium atau potasium yang ampuh menyesuaikan pH kulit agar lembap dan terhidrasi. 

Cara memakai lemon, yaitu bisa mengompres wajah dengan kapas yang telah dibasahi perasan air lemon selama 10-15 menit. Sifat antibakteri pada lemon mampu menjadi pelembap alami bagi kulit, sehingga kulit jadi terasa lebih kenyal.

2. Mengatasi Jerawat

Manfaat lemon untuk wajah selanjutnya adalah mengatasi jerawat. Lemon dipercaya mampu mengatasi inflamasi akibat jerawat, lemon mengandung asam nitrat dan anti mikroba yang dapat membunuh Propionibacterium acnes, bakteri penyebab jerawat di permukaan wajah.

Penggunaan lemon cukup mudah, tinggal gunakan air dari lemon yang telah diperas, lalu celupkan kapas dan diamkan di wajah selama 10 menit. Selanjutnya, bilas wajah hingga bersih dan keringkan dengan permukaan handuk yang halus.

Ingat, untuk selalu bersihkan wajah setelah menerapkan cara ini. Apabila masih menempel, air lemon cenderung menyebabkan sensasi perih di wajah yang dapat memicu iritasi kulit.

Baca Juga: Inilah 6 Cara Membuat Masker Madu untuk Perawatan Kulit, Atasi Jerawat dan Bruntusan

3. Menyamarkan Bekas Jerawat

Selain mengatasi jerawat, lemon juga bisa menyamarkan bekas jerawat. Kandungan asam alfa-hidroksi alami (AHA) yang terdapat pada air perasan lemon mampu memudarkan bintik hitam, serta mempercepat penyembuhan dan revitalisasi kulit, sehingga bekas jerawat tersamarkan.

4. Mencerahkan Kulit

Manfaat lemon untuk wajah berikutnya adalah bisa mencerahkan kulit. Hal ini dikarenakan lemon memiliki asam sitrat dan Vitamin C yang tinggi, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pencerah kulit yang aman bagi kulit.

5. Mengatasi Penuaan Dini

Manfaat lemon untuk wajah lainnya adalah mengatasi penuaan dini. Lemon kaya akan kandungan vitamin C di mana mampu menangkal radikal bebas dan mempercepat regenerasi sel, sehingga tanda-tanda penuaan dini, seperti bercak hitam, keriput dan pigmentasi pada wajah dapat teratasi. 

Selain itu, lemon juga dapat merangsang produksi kolagen di kulit. Cukup campur lemon dengan madu dan oleskan secara teratur pada wajah, kulit menjadi cerah dan kenyal.

Itulah lima manfaat lemon untuk wajah, pilihlah produk skincare yang mengandung lemon. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News