Bugar

Inilah 5 Manfaat Gambas untuk Kesehatan Tubuh. Cari Tahu Yuk!

Inilah 5 Manfaat Gambas untuk Kesehatan Tubuh. Cari Tahu Yuk!

MOMSMONEY.ID - Manfaat gambas atau oyong untuk kesehatan sangat beragam. Namun sayang, masih banyak orang yang menyepelekan dan tidak mengetahui manfaatnya.

Dilihat dari bentuknya, oyong terlihat sangat mirip dengan okra. Meski kebanyakan orang sudah familiar dengan oyong, tidak banyak orang yang tahu akan manfaatnya.

Oleh karena itu, mari kita kenali beragam manfaat oyong atau gambas untuk kesehatan yang sayang jika dilewatkan. 

Baca Juga: Waspadai, Dampak Hipertiroid Bisa Menyebabkan 4 Kondisi Ini

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini beragam manfaat gambas untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda konsumsi secara rutin agar bisa merasakan manfaatnya, antara lain:

Mengatasi sinusitis

Manfaat gambas untuk kesehatan tubuh yang pertama bisa membantu mengatasi sinusitis. 

Sebuah penelitian menyatakan, penggunaan produk homeopati yang mengandung ekstrak oyong, lungmoss, dan kalium selama dua minggu, mampu mengatasi berbagai gejala sinusitis.

Kaya nutrisi

Manfaat gambas ini memiliki banyak nutrisi mulai dari protein, lemak, karbohidrat, hingga serat. Gambas sangat baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda dan keluarga. 

Tak ketinggalan vitamin A, B1, B2, B5, B6, dan C, hingga mineral seperti mangan, kalium, magnesium, zat besi, dan fosfor juga termasuk di dalamnya.

Bersifat antiradang

Manfaat gambas untuk kesehatan tubuh yang ketiga bersifat antiradang. Dipercaya, biji dari sayur gambas dapat digunakan sebagai obat antiradang alami.

Beberapa penelitian membuktikan, sifat antiradang itu datang dari kandungan flavonoid dan asam fenolik yang dikandung bijinya. 

Ditambah lagi, biji gambas juga bersifat analgesik (pereda nyeri). Itulah para ahli percaya kalau biji gambas yang sudah diekstrak dapat meredakan rasa nyeri akibat penyakit peradangan. 

Baca Juga: Anus Gatal Sangat Mengganggu? Kenali Penyebabnya

Solusi saat alergi

Manfaat gambas untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya bisa menjadi solusi saat alergi. 

Bagi Anda yang mengalami gejala rhinitis alergi, semprotan hidung dengan homeopati yang mengandung ekstrak gambas, galphimia glauca, histamin, dan sulfur yang bisa membantu Anda mengatasi masalah tersebut. 

Bisa melawan mikroba

Manfaat gambas juga dipercaya dapat melawan berbagai mikroba penyebab penyakit, seperti infeksi jamur, bakteri, dan virus.

Para ahli menemukan, gambas yang sudah dijadikan bubuk ternyata mengandung metanol dan etil asetat. Keduanya dipercaya mampu melawan bakteri, seperti E. Coli, B. subtilis, P. aeruginosa, dan S. aureus

Berikut ini beberapa manfaat gambas untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui banyak orang. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News