Keluarga

Inilah 5 Manfaat Bunga Mawar untuk Kulit, Sudah Tahu?

Inilah 5 Manfaat Bunga Mawar untuk Kulit, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Bunga mawar terkenal dengan tampilannya yang cantik dan aromanya yang harum semerbak. Tidak heran jika bunga yang satu ini digandrungi oleh banyak orang dan kerap digunakan untuk melengkapi berbagai momen membahagiakan atau romantis.

Tak sampai di situ, bunga mawar juga tergolong populer di dunia kecantikan dan sering disulap menjadi produk perawatan kulit seperti facial wash, toner, atau pelembab. Hal ini tentu tidak bisa dilepaskan dari manfaat kecantikan yang tersimpan di dalam bunga mawar.

Kira-kira, sebagus apa manfaat bunga mawar untuk kulit? Melansir Skin Inc, inilah uraiannya yang perlu Anda simak.

Baca Juga: 4 Kesalahan Diet yang Membuat Berat Badan Tidak Kunjung Turun

1. Sebagai antioksidan

Salah satu manfaat utama bunga mawar dan air bunga mawar untuk kulit yaitu bertindak sebagai antioksidan.

Antioksidan dalam bunga mawar mampu memperkuat sel-sel kulit yang pada gilirannya dapat membantu regenerasi jaringan kulit.

Selain itu, antioksidan dalam bunga mawar juga mampu bekerja untuk menetralisir radikal bebas sekaligus memberikan manfaat anti-aging pada kulit.

2. Melembabkan kulit

Bunga mawar bagus untuk semua jenis kulit tidak terkecuali kulit kering. Ini karena bunga mawar memiliki sifat yang sangat melembabkan serta dapat membantu meredakan rasa gatal.

Bunga mawar yang digunakan dalam bentuk essential oil akan menjadi cara yang bagus untuk melembabkan kulit, melindungi kulit dari kehilangan kelembaban, dan menjaga penghalang kelembaban (moisture barrier) tetap kuat.

Bahkan, hidrasi yang ditawarkan bunga mawar tetap amat bermanfaat bagi orang-orang yang tidak menderita masalah kulit kering. Pasalnya, bunga mawar mampu membantu menyeimbangkan hidrasi pada kulit.

3. Mengurangi kerutan

Selain tinggi antioksidan, air dan minyak bunga mawar juga kaya akan vitamin A serta vitamin C yang dapat membantu mengatasi penuaan kulit.

Tak hanya bisa menghaluskan munculnya kerutan, kedua vitamin tersebut juga mampu mengurangi tampilan bintik-bintik penuaan pada kulit sekaligus membantu produksi kolagen.

Sementara air dan minyak bunga mawar dihasilkan dari bagian kelopak, ada produk kecantikan lainnya yang berasal dari ekstrak biji mawar bernama rosehip seed oil. Di dunia per-skincare-an, rosehip seed oil terbilang populer berkat manfaatnya yang melimpah salah satunya sebagai sumber alami retinol.

Baca Juga: 4 Minuman Pengganti Kopi yang Bisa Mengusir Kantuk

4. Menenangkan kemerahan

Bunga mawar memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk membantu mengurangi munculnya kemerahan.

Sifatnya yang melembabkan juga bisa membantu meredakan kemerahan dan iritasi pada kulit.

Untuk membantu menenangkan peradangan kulit termasuk eksim, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memanfaatkan rosehip oil. Dengan mengaplikasikan rosehip oil, Anda akan sekaligus mendapatkan manfaat anti-aging karena produk olahan bunga mawar ini terdiri dari kombinasi antioksidan serta asam lemak yang bermanfaat untuk itu.

5. Mengontrol produksi minyak

Air bunga mawar dapat membantu menyeimbangkan kelembaban. Itu artinya, air bunga mawar bisa sekaligus mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit.

Dengan kemampuan menghidrasinya yang cukup tinggi, air bunga mawar mampu meningkatkan kadar air di kulit alih-alih minyak.

Di dalam air bunga mawar, ada juga sifat astringen yang bermanfaat untuk membantu mengangkat kotoran dan minyak dari kulit guna menjaga keseimbangan ph alaminya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News