HOME, Bugar

Inilah 5 Manfaat Buah Nanas dan Kandungan Nutrisinya

Inilah 5 Manfaat Buah Nanas dan Kandungan Nutrisinya

MOMSMONEY.ID - Nanas adalah salah satu buah tropis yang banyak disukai karena rasanya yang lezat dan dapat disajikan ke dalam berbagai bentuk makanan dan minuman. 

Karena mengandung beragam nutrisi penting, konsumsi buah nanas dapat membawa banyak manfaat untuk kesehatan. 

Selain itu, dirangkum dari Healthline dan Medical News Today, inilah beberapa manfaat buah nanas yang bisa Anda rasakan, antara lain: 

Baca Juga: Meskipun Pahit, Ini Manfaat Daun Pepaya Bagi Tubuh

1. Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat buah nanas yang pertama adalah bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan. Ini berkat kandungan serat, antioksidan, serta zat bromelain di dalam buah nanas. 

Bahkan tak hanya itu, penelitian juga mengungkap bahwa bromelain pada nanas dapat membantu meringankan peradangan usus akibat penyakit kolitis ulseratif.

2. Mengurangi peradangan

Manfaat buah nanas yang kedua adalah mengurangi peradangan. Bromelain juga baik dikonsumsi untuk mengencerkan dahak dan mengurangi batuk.

Kandungan bromelain dan antioksidan pada buah nanas bermanfaat mengurangi peradangan dalam tubuh, misalnya pada penyakit sinusitis, radang tenggorokan, atau radang sendi.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat buah nanas yang kedua adalah meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin C merupakan vitamin yang penting untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Konsumsi 1 cangkir buah nanas segar atau sekitar 150 gram nanas sudah mampu mencukupi kebutuhan vitamin C harian.

Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh Anda akan lebih kuat melawan virus dan bakteri penyebab infeksi, sehingga Anda akan lebih fit dan tidak mudah jatuh sakit.

Baca Juga: Catat! Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Perut Dengan Cepat

4. Membantu menjaga kesehatan kulit dan tulang

Manfaat buah nanas yang keempat adalah membantu menjaga kesehatan kulit dan tulang. 

Kandungan mangan, vitamin B, vitamin C, serta antioksidan pada nanas berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan, misalnya akibat paparan sinar UV.

Selain itu, buah nanas juga baik dikosnumsi untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko terjadinya osteoporosis, terutama pada lansia.

5. Menurunkan berat badan

Manfaat buah nanas yang kelima adalah menurunkan berat badan. Buah nanas bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda tambahkan ke dalam menu diet sehari-hari.

Tak hanya itu, beberapa riset juga menunjukkan bahwa nanas bisa membantu meningkatkan proses metabolisme lemak, sehingga membuat berat badan lebih mudah terkontrol.

Jika mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi buah nanas atau masih memiliki pertanyaan lain seputar manfaat nanas untuk kesehatan, Anda bisa berkonsultasi ke dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News