HOME, Bugar

Inilah 5 Makanan yang Mengandung Protein Nabati untuk Anak

Inilah 5 Makanan yang Mengandung Protein Nabati untuk Anak

MOMSMONEY.ID - Protein adalah salah satu nutrisi penting untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Karena itu, pastikan anak mendapatkan cukup asupan protein, terutama pemberian sumber protein nabati untuk anak.

Mengutip Food Insight, protein adalah salah satu nutrisi yang merupakan bahan penyusun, disimpan dalam otot dan kolagen.

Protein nabati adalah jenis protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Mencakup kacang-kacangan, biji-bijian, dan beberapa jenis sayuran.

Baca Juga: Inilah Manfaat dan Kandungan Nutrisi Kedelai untuk Kesehatan Tubuh

Dilansir dari Kids Health, inilah beberapa makanan yang mengandung protein nabati yang bisa dikonsumsi anak secara rutin, antara lain: 

1. Kacang almond

Makanan yang mengandung protein nabati pertama adalah kacang almond. Dalam satu ons kacang almond mengandung enam gram protein di dalamnya.

Biasanya, kacang-kacangan jenis ini paling disukai oleh anak-anak sehingga Anda mungkin bisa mencoba untuk memberikannya pada anak.

2. Tempe dan tahu

Makanan yang mengandung protein nabati yang kedua adalah tahu dan tempe. Tahu dan tempe merupakan jenis olahan kacang kedelai yang juga merupakan sumber protein nabati.

Tidak hanya dianggap sebagai salah satu makanan paling sehat di dunia, tahu dan tempe juga merupakan protein yang sempurna.

Tahu dan tempe mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk membangun protein yang membantu memelihara pertumbuhan otot, tulang, dan organ.

3. Edamame

Makanan yang mengandung protein nabati ketiga adalah edamame. Edamame merupakan kacang-kacangan yang sangat kaya protein dan bisa menjadi sumber protein nabati.

Hal ini dibuktikan oleh fakta yang menunjukkan bahwa satu cangkir edamame mengandung 17 gram protein di dalamnya.

Anda bisa mengolah edamame menjadi camilan favorit untuk anak-anak, dengan cara membersihkan dan merebusnya hingga matang.

Baca Juga: Lakukan 5 Cara Ampuh Ini untuk Mencegah Kanker Prostat Sejak Dini

4. Bayam

Makanan yang mengandung protein nabati keempat adalah bayam, meski tidak mengandung protein sebanyak kacang-kacangan atau biji-bijian. 

Sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam juga bisa jadi pilihan. Sebanyak 100 gram bayam rebus mengandung 3 gram protein, 2,4 gram serat, vitamin C, vitamin A, kalsium, dan zat besi. 

5. Kentang

Makanan yang mengandung protein nabati kelima adalah kentang. Kentang merupakan salah satu sumber protein nabati yang juga baik untuk diberikan pada anak-anak.

Kentang panggang yang berukuran besar menawarkan 8 gram protein per porsi. Selain itu, kentang juga kaya akan nutrisi lain, seperti kaliumdan vitamin C.

Itulah beberapa makanan yang mengandung protein nabati untuk anak yang bisa dikonsumsi secara rutin.

Masukkan makanan-makanan tersebut dalam menu makan sehari-hari. Bila Anda butuh saran pengaturan pola makan sehat, segera berbicara pada dokter ahli gizi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News