HOME, Bugar

Inilah 5 Makanan yang Mengandung Kolesterol Baik untuk Tubuh

 Inilah 5 Makanan yang Mengandung Kolesterol Baik untuk Tubuh

MOMSMONEY.ID - Kolesterol baik dibutuhkan untuk menjalankan fungsi tubuh. Kolesterol baik ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.   

Peningkatan kadar kolesterol umumnya disebabkan oleh peningkatan LDL dan penurunan HDL. Kolesterol pada tubuh memiliki kepadatan atau densitas yang lebih rendah.  

Setelah memahami karakter kolesterol di atas, simak berbagai sumber makanan yang akan membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan kolesterol baik di bawah ini.  

Baca Juga: Moms Wajib tahu! Inilah 5 Rempah yang Baik Dikonsumsi saat Kehamilan

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah lima makanan yang mengandung kolesterol baik untuk tubuh yang bisa rutin Anda konsumsi, antara lain:  

1. Kedelai

Makanan yang mengandung kolesterol baik pertama adalah kedelai. Kedelai memang tidak memiliki kandungan spesifik untuk meningkatkan kadar HDL secara langsung.  

Namun, kedelai tetap bisa menjadi alternatif yang baik untuk pengganti daging karena kaya akan protein nabati.  

2. Telur 

Makanan yang mengandung kolesterol baik kedua adalah telur. Meskipun terkenal dengan reputasi tinggi kolesterol, telur memiliki lemak yang baik untuk membantu tubuh menghasilkan HDL.  

Telur pada dasarnya aman dikonsumsi tapi efek dari penelitian tersebut hanya diamati pada orang sehat.  

3. Minyak zaitun 

Makanan yang mengandung kolesterol baik ketiga adalah minyak zaitun. Penggunaan minyak zaitun dapat meningkatkan kadar HDL karena dapat mengandung lemak baik.  

Minyak zaitun dapat digunakan untuk menggoreng dengan temperatur yang tidak terlalu panas. Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk salad dan tambahan pada tumisan dan sup.  

Baca Juga: Bukan Hanya Membakar Kalori, Ini 5 Manfaat Jogging Secara Rutin

4. Ikan berlemak 

Makanan yang mengandung kolesterol baik keempat adalah ikan berlemak. Ikan berlemak kaya akan asam lemak omega-3 seperti salmon, makarel, tuna dan sarden.  

Jika Anda memiliki alergi, suplemen omega-3 juga dapat membantu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut.  

5. Kacang-kacangan

Makanan yang mengandung kolesterol baik kelima adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung lemak dan serat yang baik.

Kacang-kacangan pada umumnya mengandung sterol yang dapat membatasi penyerapan kolesterol berlebih. Kacang dapat dikonsumsi sebagai camilan sehat.

Dengan menerapkan pola hidup sehat dan rutin mengonsumsi makanan yang baik untuk penderita kolesterol. 

Diharapkan kadar kolesterol Anda bisa turun dan tetap stabil sehingga Anda pun terhindar dari penyakit berbahaya, seperti serangan jantung dan stroke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News