HOME, Bugar

Inilah 5 Makanan yang Bisa Membuat Awet Muda Jika Rutin Dikonsumsi

Inilah 5 Makanan yang Bisa Membuat Awet Muda Jika Rutin Dikonsumsi

MOMSMONEY.ID - Meski usia terus bertambah, wajah harus tetap awet muda. Salah satu faktor seseorang terlihat awet muda saat kulitnya terlihat cantik dan sehat.

Makanan yang dikonsumsi sangat memengaruhi kebugaran, tampilan, kualitas hidup, dan banyak hal lainnya. Pasalnya, tubuh mengandalkan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. 

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membuat seseorang awet muda, yaitu sumber protein yang sehat, mengandung lemak sehat, serta kaya akan antioksidan. 

Baca Juga: Waspadai! Inilah 5 Penyebab Mata Kuning yang Perlu Anda Tahu

Dirangkum dari Eat This dan Healthline, inilah beberapa makanan yang bisa membuat awet muda jika rutin dikonsumsi, antara lain: 

1. Alpukat

Makanan yang bisa membuat awet muda pertama adalah alpukat. Alpukat kaya asam oleic dan asam lemak omega-9, yang membantu kulit tetap lembap dan lebih elastis saat dipegang.

Kandungan antioksidan pada alpukat juga dapat melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan membuatnya lebih tua. 

2. Telur

Makanan yang bisa membuat awet muda kedua adalah telur. Telur, khususnya bagian putihnya mengandung glisin dan prolin, yang merupakan asam amino utama yang menyusun kolagen.

Tapi selain itu, kuning telurnya juga tidak kalah penting. Kuning telur mengandung vitamin D dan lemak sehat yang membantu menjaga kesehatan kulit, tulang, dan otot.

Selain tinggi nutrisi, telur juga mudah diolah menjadi apa saja sehingga harus selalu ada di dalam rumahmu.

3. Semangka

Makanan yang bisa membuat awet muda ketiga adalah semangka. Semangka adalah buah yang terkenal kaya dengan lycopene.

Zat tersebut berguna sebagai antioksidan dan mampu membantu tubuh dalam mengurangi kerusakan UV pada kulit.

Semangka juga dapat meningkatkan perlindungan kulit dari sinar matahari karena kandungan phytochemicals-nya.

Baca Juga: Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan dan Cara Tepat Mengolahnya

4. Ikan berlemak

Makanan yang bisa membuat awet muda keempat adalah ikan berlemak. Makanan ini memiliki gizi yang tinggi sehingga mampu menyehatkan kulit.

Kandungan asam lemak omega-3 mampu menjadi penghalang kulit terhadap UV, dan membantu untuk mengurangi peradangan yang dapat merusak kulit. 

5. Sayuran hijau

Makanan yang bisa membuat awet muda terakhir adalah sayuran hijau. Sayuran hijau dikenal sebagai makanan super dengan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Ternyata, makan sayuran berdaun hijau, seperti kale dan bayam, merupakan makanan tinggi vitamin C, seng, dan tembaga; itu adalah trifecta penambah kolagen.

Itulah beberapa makanan untuk awet muda yang bisa dikonsumsi secara rutin setiap hari. Dengan begitu, wajah dan kulit yang tidak menua bisa didapatkan tanpa perlu perawatan medis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News