CLOSE [X]
ads
Bugar

Inilah 5 Makanan Sebagai Sumber Kolagen Alami untuk Wajah

Sumber: Clean&Clear
Kamis, 23 Juni 2022 | 19:40 WIB
Inilah 5 Makanan Sebagai Sumber Kolagen Alami untuk Wajah


MOMSMONEY.ID - Kolagen adalah protein penyusun tubuh. Anda harus tahu bahwa tubuh memproduksi kolagen secara alami. Namun, seiring bertambahnya usia produksi kolagen akan berkurang. Biasanya, fungsi tersebut akan berkurang di usia 40 tahun

Melansir dari cleanandclear.co.id, Kandungan kolagen di dalam tubuh bisa mencapai 30%. Pada wajah, fungsi kolagen sendiri adalah menjaga elastisitas kulit wajah, membuat warna kulit menjadi merata, melembapkan kulit wajah, dan mempercepat proses penyembuhan kulit wajah. 

Menambahkan produksi kolagen dapat dibantu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung sumber kolagen alami. Supaya bisa memiliki kulit wajah sehat dan awet muda, berikut beberapa jenis makanan yang harus Anda konsumsi untuk kulit. Simak penjelasannya di bawah ini dikutip dari cleanandclear.co.id, yaitu: 

1. Alpukat

Makanan sebagai sumber kolagen alami pertama yaitu Alpukat. Buah yang sering dijadikan masker ini mengandung vitamin C, vitamin E dan lemak tak jenuh. Dimana kandungan tersebut bermanfaat untuk antioksidan menangkal sinar ultraviolet. Selain itu, kandungan lutein di dalam alpukat dapat membantu kadar air bagi kulit menjadi lebih baik. 

2. Telur

Makanan sebagai sumber kolagen alami selanjutnya adalah telur. Sebagai salah satu sumber protein yang mengandung Vitamin B. Kemudian, telur juga mengandung asam amino lisin dan prolin yang merupakan komponen pokok dalam pembentukan kolagen. Kandungan ini bisa Anda temukan di dalam putih telur dan kuning telur.

Baca Juga: Inilah 3 Manfaat dan Cara Pakai Face Roller untuk Perawatan Kulit

3. Wortel

Berikutnya, wortel juga termasuk makanan sumber kolagen alami. Wortel mengndung vitamin A dan vitamin C di dalamnya. Kandungan tersebut dapat meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit. Sehingga, meningkatkan produksi kolagen secara alami. Selanjutnya, wortel juga mampu mengurangi produksi sebum yang berlebih sehingga kulit menjadi lebih kenyal dan cerah.

4. Ikan 

Sering mengonsumsi ikan? sangat baik untuk kulit Anda. Ikan memiliki kandungan zat zinc dan Omega 3 yang cukup tinggi. Kedua kandungan tersebut, dapat membantu peningkatan kolagen dan juga mencegah radikal bebas yang bisa mengganggu perkembangan kolagen.

5. Ubi

Makanan sebagai sumber kolagen alami terakhir adalah ubi. Salah satu makanan karbohidrat ini mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan vitamin E yang dapat menjaga elastisitas dan memperbaiki tekstur kulit wajah. Ubi bisa menjadi pilhan makanan pengganti nasi yang bisa Anda coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TOPIK TERPOPULER